Menurunkan kecanduan gadget dengan pelatihan kontrol diri remaja di SMPN 2 Jatisrono

Authors

  • Nuriah Halleyda Magister Psikologi, Universitas Muhammadiyah Surakarta SMP Negeri 2 Jatisrono
  • Siti Shalma Fitriah Magister Psikologi, Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Ghea Aziza Motik Magister Psikologi, Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Lisnawati Ruhaena Magister Psikologi, Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.26555/jptp.v4i2.24516

Keywords:

gadget, kecanduan, kontrol diri, pelatihan

Abstract

Penggunaan gadget selama proses pembelajaran di masa pandemi COVID-19 menimbulkan masalah baru. Sesuai dengan studi awal menunjukan bahwa kecanduan gadget di kalangan siswa relatif cukup tinggi. Penelitian ini bertujuan mengetahui apakah pelatihan kontrol diri dapat menurunkan kecanduan gadget pada siwa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan pra-eksperimen, yaitu the one-group pretest-posttest design. Instrumen pengumpulan data menggunakan skala kecanduan gadget. Populasi penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 2 Jatisrono yang diambil dengan teknik purposive sampling. Hasil uji Wilcoxon Signed Ranks Test menggunakan SPSS 23 menunjukkan adanya penurunan yang sangat signifikan dari perolehan skor kecanduan gadget dengan nilai Z=–5.541 dan p=0,000 (p<0,001). Kesimpulan dalam penelitian ini menemukan bahwa pelatihan kontrol diri dapat menurunkan kecanduan gadget pada siswa dengan penurunan presentase tingkat kecanduan gadget sebesar 8,18%.


Downloads

Published

2022-12-01

Issue

Section

Articles