Prokrastinasi akademik dan flow akademik dengan stres akademik pada mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.26555/jptp.v4i2.24455Keywords:
flow akademik, prokrastinasi akademik, stres akademikAbstract
Salah satu masalah yang terjadi dalam lingkup akademik yaitu stres akademik. Oleh sebab itu, penting bagi mahasiswa mengetahui faktor apa saja yang dapat dioptimalkan agar dapat mengatasi stres akademik untuk meminimalisir dampak terhadap hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara prokrastinasi akademik dan flow akademik dengan stres akademik pada mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi. Pengumpulan data menggunakan tiga skala yaitu skala stres akademik, skala prokrastinasi akademik dan skala flow akademik. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportionate stratified random sampling, dengan jumlah subjek 263 mahasiswa. Analisis data menggunakan teknik regresi berganda dengan SPSS versi 25 for windows. Hasil menunjukkan nilai R=0,466 dengan sig.=0,000 (p<0,01) artinya ada hubungan yang sangat signifikan antara prokrastinasi akademik dan flow akademik dengan stres akademik. Prokrastinasi akademik dan stres akademik menunjukkan nilai r=0,153 dengan sig.=0,013 (p<0,05) artinya ada hubungan yang signifikan antara prokrastinasi akademik dengan stres akademk. Flow akademik dan stres akademik menunjukkan nilai r=-0,224 dengan sig.=0,000 (p<0,01) artinya ada hubungan yang sangat signifikan antara flow akademik dengan stres akademk. Sumbangan efektif semua prediktor terhadap kriterium sebesar 19,9%. Prokrastinasi akademik terhadap stres akademik=7,682% dan flow akademik terhadap stres akademi 12,211%. Hasil kategorisasi menunjukkan mayoritas responden memiliki tingkat prokrastinasi akademik, flow akademik dan stres akademik dalam kategori sedang. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah ada hubungan yang sangat signifikan antara prokrastinasi akademik dan flow akademik dengan stres akademik pada mahasiswa, ada hubungan positif yang signfiikan antara prokrastinasi akademik dengan stres akademik pada mahasiswa serta ada hubungan negatif yang sangat signifikan antara flow akademik dengan dengan stres akademik pada mahasiswa.
Downloads
Published
Issue
Section
License
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read the Jurnal Psikologi Terapan dan Pendidikan (JPTP) Author Guidelines at http://journal.uad.ac.id/index.php/Psikologi/about/submissions#authorGuidelines
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities "tacitly or explicitly" of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with the Jurnal Psikologi Terapan dan Pendidikan (JPTP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.