Validitas dan reliabilitas konstruk skala intensi berwirausaha untuk siswa sekolah menengah kejuruan: Analisis faktor konfirmatori
DOI:
https://doi.org/10.26555/jptp.v5i1.24356Keywords:
analisis faktor intensi berwirausaha, reliabilitas, skala, validitasAbstract
Intensi berwirausaha merupakan faktor penting yang harus dimiliki individu untuk memulai usaha. Intensi berwirausaha akan mengawali terjadinya perilaku berwirausaha yang dapat berdampak positif pada menurunnya pengangguran. Penelitian ini bertujuan untuk menguji validitas dan reliabilitas konstruk skala intensi berwirausaha, mengetahui kontribusi setiap aspek dan indikator dalam merefleksikan variabel intensi berwirausaha, dan menguji fit atau tidaknya model teoritis konstruk intensi berwirausaha dengan data empiris. Intensi berwirausaha terdiri dari tiga aspek yang merefleksikan intensi berwirausaha, yaitu memilih jalur usaha daripada bekerja, memilih karir sebagai wirausahawan, serta perencanaan untuk memulai usaha. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII Sekolah Menengah Kejuruan Negeri “X” di Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster sampling, dengan sampel penelitian berjumlah 225 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan skala intensi berwirausaha. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan CFA 2nd order melalui program Lisrel 8,71. Hasil analisis data penelitian menunjukkan model pengukuran (measurement model) skala intensi berwirausaha sesuai (fit) dengan data empirik. Penelitian ini menyimpulkan bahwa semua aspek dan indikator yang membentuk konstruk skala intensi berwirausaha dinyatakan valid dan reliabel, serta dapat merefleksikan intensi berwirausaha. Skala intensi berwirausaha ini layak digunakan untuk mengukur intensi berwirausaha khususnya pada siswa Sekolah Menengah Kejuruan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read the Jurnal Psikologi Terapan dan Pendidikan (JPTP) Author Guidelines at http://journal.uad.ac.id/index.php/Psikologi/about/submissions#authorGuidelines
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities "tacitly or explicitly" of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with the Jurnal Psikologi Terapan dan Pendidikan (JPTP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.