Hubungan antara loneliness dan konformitas dengan kecenderungan perilaku bullying pada remaja
DOI:
https://doi.org/10.26555/jptp.v3i2.21962Keywords:
kecenderungan bullying, konformitas, lonelinessAbstract
Bullying merupakan salah satu permasalahan serius, terutama di lingkungan sekolah, karena mampu mempengaruhi anak-anak dan remaja. Bullying juga memiliki efek jangka pendek dan panjang pada pelaku, korban, termasuk mereka yang melihat peristiwa bullying tersebut. Dengan demikian, memahami faktor apa saja yang berhubungan erat dengan kecenderungan bullying di kalangan remaja merupakan sesuatu yang penting agar dapat melakukan pencegahan munculnya perilaku tersebut. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara loneliness dan konformitas dengan kecenderungan perilaku bullying pada remaja. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif korelasional. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XII SMA “Y” di Yogyakarta. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 138 siswa yang diperoleh dengan teknik cluster random sampling. Alat ukur yang digunakan dalam mengumpulkan data meliputi skala loneliness, skala konformitas, dan skala kecenderungan perilaku bullying. Selanjutnya analisis data dilakukan dengan teknik analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) ada hubungan yang sangat signifikan antara loneliness dan konformitas dengan kecenderungan perilaku bullying, 2) ada hubungan positif yang sangat signifikan antara loneliness dengan kecenderungan perilaku bullying, 3) ada hubungan positif yang sangat signifikan antara konformitas dan kecenderungan perilaku bullying. Penelitian ini menyimpulkan bahwa secara simultan dan parsial bahwa loneliness dan konformitas memiliki hubungan dengan kecenderungan perilaku bullying.
Downloads
Published
Issue
Section
License
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read the Jurnal Psikologi Terapan dan Pendidikan (JPTP) Author Guidelines at http://journal.uad.ac.id/index.php/Psikologi/about/submissions#authorGuidelines
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities "tacitly or explicitly" of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with the Jurnal Psikologi Terapan dan Pendidikan (JPTP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.