Kecerdasan intelektual dan prestasi belajar siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 8 Yogyakarta

Authors

  • Kurniawati Kurniawati Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
  • Yuzarion Zubir Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.26555/jptp.v2i2.21073

Keywords:

kecerdasan, kecerdasan intelektual, prestasi belajar

Abstract

Belajar merupakan proses internalisasi ilmu pengetahuan dan pengalaman individu dengan hasil pada perubahan perilaku atau ketrampilan. Salah satu tugas seorang pendidik adalah melakukan penilaian terhadap siswa untuk mengukur tingkat keberhasilan proses pembelajaran. Penilaian tersebut dapat berupa angka, huruf atau kata-kata yang lebih umum disebut dengan prestasi belajar. Banyak penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan intelektual bukanlah menjadi prediktor utama prestasi belajar, namun keberadaannya masih memiliki pengaruh. Faktor kecerdasan intelektual seseorang masih diyakini mempunyai andil dalam mempengaruhi hasil belajar. Pada penelitian ini, tujuan penelitian adalah ingin melakukan pengujian secara empiris terkait dengan pengaruh kecerdasan intelektual terhadap prestasi belajar siswa.  Metode pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional. Partisipan pada penelitian ini adalah 40 siswa kelas XI dengan peminatan MIPA yang telah diperoleh dengan teknik sampel acak. Analisis data dengan metode regresi linear sederhana menunjukkan bahwa kecerdasan intelektual berpengaruh secara positif dan signifikan pada capaian prestasi belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan nilai koefisien determinasi (R2), kecerdasan intelektual diprediksikan berkontribusi sebesar 29,4% terhadap prestasi belajar siswa. Oleh karena itu penelitian ini menyimpulkan bahwa kecerdasan intelektual memiliki hubungan yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa-siswi kelas XI peminatan MIPA SMA Negeri 8 Yogyakarta.

Downloads

Published

2020-11-20

Issue

Section

Articles