Hubungan antara adversity quotient dengan prestasi belajar siswa Madrasah Aliyah Negeri Kotawaringin Barat
DOI:
https://doi.org/10.26555/jptp.v2i1.17055Keywords:
adversity quotient, prestasi belajar, siswaAbstract
Prestasi belajar merupakan salah satu indikator capaian dari proses yang dilakukan oleh setiap siswa. Oleh karena itu, pada setiap proses yang dilakukan membutuhkan daya juang atau adversity quotient yang tinggi agar siswa dapat belajar dengan optimal dan mencapai prestasi sesuai dengan yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris hubungan antara adversity quotient dengan prestasi belajar siswa Madrasah Aliyah Negeri Kotawaringin Barat. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif korelasi. Jumlah sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 67 siswa Madrasah Aliyah Negeri Kotawaringin Barat yang diperoleh dengan teknik cluster random sampling. Alat pengumpulan data untuk mengukur adversity quotient adalah skala adversity quotient yang disusun dengan merujuk pada teori Stoltz, sementara alat yang digunakan untuk mengukur prestasi belajar adalah menggunakan nilai rapor. Analisis data yang digunakan ialah teknik analisis korelasi product moment. Secara umum hasil yang diperoleh dari uji hipotesis menggunakan teknik analisis product moment menunjukan koefisien r sebesar 0,748 dengan taraf signifikansi (p) sebesar 0,000 (p<0,01). Hasil penelitian menunjukan bahwa ada hubungan antara adversity quotient dengan prestasi belajar. Penelitian ini menyimpulkan bahwa semakin tinggi adversity quotient yang dimiliki siswa, maka semakin tinggi pula prestasi belajar pada siswa Madrasah Aliyah Negeri Kotawaringin Barat Kalimantan Tengah, dan sebaliknya.Downloads
Published
2020-05-29
Issue
Section
Articles
License
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read the Jurnal Psikologi Terapan dan Pendidikan (JPTP) Author Guidelines at http://journal.uad.ac.id/index.php/Psikologi/about/submissions#authorGuidelines
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities "tacitly or explicitly" of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with the Jurnal Psikologi Terapan dan Pendidikan (JPTP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.