Hubungan antara adversity quotient dengan prestasi belajar siswa Madrasah Aliyah Negeri Kotawaringin Barat

Authors

  • Octavian Dwi Utari Universitas Ahmad Dahlan
  • Ismira Dewi Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.26555/jptp.v2i1.17055

Keywords:

adversity quotient, prestasi belajar, siswa

Abstract

Prestasi belajar merupakan salah satu indikator capaian dari proses yang dilakukan oleh setiap siswa. Oleh karena itu, pada setiap proses yang dilakukan membutuhkan daya juang atau adversity quotient yang tinggi agar siswa dapat belajar dengan optimal dan mencapai prestasi sesuai dengan yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris hubungan antara adversity quotient dengan prestasi belajar siswa Madrasah Aliyah Negeri Kotawaringin Barat. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif korelasi. Jumlah sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 67 siswa Madrasah Aliyah Negeri Kotawaringin Barat yang diperoleh dengan teknik cluster random sampling. Alat pengumpulan data untuk mengukur adversity quotient adalah skala adversity quotient yang disusun dengan merujuk pada teori Stoltz, sementara alat yang digunakan untuk mengukur prestasi belajar adalah menggunakan nilai rapor. Analisis data yang digunakan ialah teknik analisis korelasi product moment. Secara umum hasil yang diperoleh dari uji hipotesis menggunakan teknik analisis product moment menunjukan koefisien r sebesar 0,748 dengan taraf signifikansi (p) sebesar 0,000 (p<0,01). Hasil penelitian menunjukan bahwa ada hubungan antara adversity quotient dengan prestasi belajar. Penelitian ini menyimpulkan bahwa semakin tinggi adversity quotient yang dimiliki siswa, maka semakin tinggi pula prestasi belajar pada siswa Madrasah Aliyah Negeri Kotawaringin Barat Kalimantan Tengah, dan sebaliknya.

Downloads

Published

2020-05-29

Issue

Section

Articles