Komik edukasi sebagai media layanan bimbingan dan konseling
DOI:
https://doi.org/10.26555/jptp.v2i1.16952Keywords:
bimbingan dan konseling, media bimbingan konseling, komik edukasiAbstract
Media pendidikan merupakan unsur yang penting dalam proses pendidikan khususnya proses bimbingan dan konseling. Media bimbingan dan konseling dapat berfungsi untuk memperlancar proses bimbingan dan konseling, dan lebih mudah diterima oleh siswa untuk memahami masalah yang dialami. Sementara komik tidak dapat terlepas fungsinya sebagai alat komunikasi untuk menyampaikan suatu maksud atau tendensi tertentu kepada pembacanya. Komik merupakan alat yang mempunyai fungsi menyampaikan pesan. Sebagai sebuah media, pesan yang disampaikan lewat komik biasanya jelas, runtut, dan menyenangkan. Oleh karena itu, penelitian ini ingin mengkaji peran komik sebagai media edukasi dalam layanan bimbingan konseling. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah studi literatur. Adapun pemilihan literatur disesuaikan dengan topik yang dikaji yaitu terkait dengan komik sebagai media dalam melakukan edukasi di layanan bimbingan dan konseling. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa media komik berpotensi untuk menjadi sumber belajar, khususnya dalam proses pemberian layanan bimbingan dan konseling di sekolah. Peranan pokok dari komik edukasi adalah kemampuannya dalam menciptakan minat para peserta didik. Melalui bimbingan guru, komik dapat berfungsi sebagai jembatan untuk menumbuhkan minat peserta didik terhadap pemberian bimbingan yang dilakukan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read the Jurnal Psikologi Terapan dan Pendidikan (JPTP) Author Guidelines at http://journal.uad.ac.id/index.php/Psikologi/about/submissions#authorGuidelines
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities "tacitly or explicitly" of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with the Jurnal Psikologi Terapan dan Pendidikan (JPTP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.