Pengujian validitas dan reliabilitas konstruk hope
DOI:
https://doi.org/10.26555/jptp.v1i2.15136Keywords:
Hope, Reliabilitas, ValiditasAbstract
Hope adalah energi yang memotivasi seseorang dalam melakukan pekerjaannya. Hope sebagai energi yang difokuskan pada tujuan seseorang dan merupakan jalan yang menuntun seseorang pada tujuannya. Hope sangat penting dimiliki dan dikembangkan dalam diri manusia, salah satunya untuk meningkatkan kepuasan hidup seseorang. Hope berperan penting atau mendukung dalam membantu individu untuk mencapai tujuan positif dan membangkitkan perasaan baik atau motivasi untuk membuat mimpi menjadi kenyataan dalam kehidupan manusia. Hope sangat dibutuhkan oleh individu, karena dengan adanya hope maka akan memberikan dampak positif dalam kehidupannya. Menurut Snyder terdapat tiga komponen yang merefleksikan konstruk hope antara lain goal, pathway thinking, dan agency thinking. Penelitian ini bertujuan untuk menguji validitas dan reliabilitas konstruk skala hope, serta mengetahui kontribusi komponen-komponen dan aitem-aitem (indikator) hope dalam merefleksikan/mengukur konstruk hope baik yang paling dominan ataupun sebaliknya. Subjek dalam penelitian ini adalah guru sekolah negeri di Yogyakarta yang berjumlah 66 orang. Pengumpulan data menggunakan skala psikologis, yaitu skala hope. Analisis data dilakukan dengan menggunakan program Structure Equation Modeling (SEM) dengan metode analisis data Partial Least Squares (PLS), dengan menggunakan softwere Smart PLS 3.0. Validitas dan reliabilitas alat ukur pada konstruk hope dalam Partial Least Squares (PLS) diukur menggunakan outer model. Hasil analisis menunjukkan bahwa ketiga komponen mampu merefleksikan konstruk hope secara positif, valid, dan reliabel yang didukung dengan indikator-indikator perilaku masing-masing komponen, sehingga skala hope ini dapat dimanfaatkan sebagai alat ukur dalam penelitian. Kontribusi komponen yang paling dominan dalam merefleksikan konstruk hope adalah komponen agency thinking (TA), sedangkan kontribusi komponen yang paling kecil adalah komponen goal (GA).
Downloads
Published
Issue
Section
License
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read the Jurnal Psikologi Terapan dan Pendidikan (JPTP) Author Guidelines at http://journal.uad.ac.id/index.php/Psikologi/about/submissions#authorGuidelines
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities "tacitly or explicitly" of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with the Jurnal Psikologi Terapan dan Pendidikan (JPTP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.