PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA DAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN PUSKESMAS BOJONG NANGKA TERHADAP KEPUASAN PASIEN BPJS

Authors

  • Novi Henriyati Rahmi Program Magister Farmasi, Fakultas Farmasi, Universitas Pancasila
  • Sampurno Sampurno Program Magister Farmasi, Fakultas Farmasi, Universitas Pancasila
  • Wahono Sumaryono Program Magister Farmasi, Fakultas Farmasi, Universitas Pancasila

DOI:

https://doi.org/10.12928/mf.v16i1.12917

Keywords:

bauran pemasaran, kualitas pelayanan, kepuasan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa bagaimana pengaruh bauran pemasaran jasa dalam hal ini produk (product), harga (price), promosi (promotion), lokasi (place), orang (people), bukti fisik / fasilitas fisik (physical evidence), dan proses (process), dan kualitas pelayanan kesehatan dalam hal ini bukti langsung (tangibles), kehandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), dan empati (empathy) di Puskesmas Bojong Nangka Kecamatan Gunung Putri Kabupaten Bogor terhadap kepuasan pasien BPJS. Metode penelitian menggunakan analisis deskriptif metode potong lintang atau cross sectional. Tempat penelitian adalah di Puskesmas Bojong Nangka, Gunung Putri, Bogor. Sampel penelitian berjumlah 100 orang. Teknik pengumpulan data yaitu kuesioner dan observasi. Analisis data penelitian yaitu dengan uji Regresi Linier Berganda dengan hasil Y1 = 1,515 + 0,064X1 + 0,073X2. Kesimpulan penelitian adalah bahwa bauran pemasaran dan kualitas pelayanan kesehatan berpengaruh secara parsial maupun bersama-sama terhadap kepuasan pasien BPJS.

Author Biography

Novi Henriyati Rahmi, Program Magister Farmasi, Fakultas Farmasi, Universitas Pancasila


References

Nugraheni,G., Putri,L.R., Setiawan,C.D., Wijaya,I.N., 2016, Kepuasan Pasien BPJS Kesehatan Terhadap Kualitas Pelayanan Kefarmasian di Pusat Kesehatan Masyarakat (Analisis Menggunakan Servqual Model Dan Customer Window Quadrant), Prosiding Rakernas dan Pertemuan Ilmiah Tahunan Ikatan Apoteker Indonesia: hal. 198, 204.

Pertiwi,A.A.N., 2016, Analisis Perbedaan Kualitas Pelayanan Pada Pasien BPJS Dan Pasien Umum Terhadap Kepuasan Pasien Di Rawat Jalan RSUD Kota Surakarta. Publikasi Ilmiah Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta: hal. 6-7.

Listiyana,I. dan Rustiana,E.R., 2017, Analisis Kepuasan Jaminan Kesehatan Nasional Pada Pengguna BPJS Kesehatan Di Kota Semarang. Unnes Journal of Public Health: hal. 57.

Rifai,M.I., 2016, Analisis pengaruh kualitas pelayanan dan bauran pemasaran terhadap kepuasan pasien Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Wirosaban kota Yogyakarta, Tesis, Yogyakarta: Universitas Muhammadiyah Yogyakarta: hal 94-95.

Hartini,S., 2012, Pengaruh Tarif Rawat Inap, Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pasien Di RSU Jati Husada Karanganyar, Naskah Publikasi Tesis, Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sani,A., Indar, Daud,A., 2014, Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Islam Faisal Makassar. Jurnal Pasca Unhas. Makassar: Universitas Hasanuddin.

Rahayu, Indriyani,I.G.A.D., 2015, Analisis Korelasi Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Pelanggan Di Unit Pelayanan Teknis Balai Laboratorium Kesehatan Provinsi Bali, Tesis, Denpasar: Universitas Udayana.

Sembor, Patricia,E.N., Posangi,J., Rattu,A.J.M., 2015, Hubungan Antara Persepsi Pasien Umum Tentang Bauran Pemasaran Jasa Dengan Loyalitas Pasien Di Unit Rawat Jalan Rumah Sakit Siloam Manado, Ejhealth, Manado: Universitas Sam Ratulangi.

Gultom,D.K., Ginting, P., Sembiring,B.K.F., 2014, Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Program Studi Manajeman Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, J Manajemen & Bisnis, 14 (01) April 2014.

Rejeki,S., 2016, Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Daerah Dr Soediran Mangun Sumarso Kabupaten Wonogiri, J Of Human Resources Management And Organizational Behavior, 1(2), ISSN 1979-2700.

Hurriyati,R., 2015, Bauran Pemasaran & Loyalitas Konsumen, CV Alfabeta, Bandung: hal 17-19,27-30, 47-48, 50-52, 54, 55,58, 59, 61-65.

Kotler,P., Manajemen Pemasaran : Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Kontrol, Jilid , Edisi Bahasa Indonesia dari Principles of Marketing 9e. Jakarta: Penerbit PT. Prenhalindo; 2010: hal. 45,87.

Tjiptono, F., 2008. Manajemen Jasa,Yogyakarta: Andi; 2008, hal 110.

Sangadji,E.M., dan Sopiah, 2013, Perilaku Konsumen, Pendekatan Praktis disertai: Himpunan Jurnal Penelitian, C.V Andi Offset,Yogyakarta: hal. 92-93, 100-101, 116.

Sugiyono, 2015, Statistik Nonparametris untuk Penelitian, Alfabeta, Bandung : hal. 2, 3, 13, 27, 41, 55, 257-259, 267,268, 286 – 288.

Riduwan, 2009, Pengantar Statistika Sosial, Cetakan kedua, Alfabeta, Bandung: hal. 13, 16.

Priyatno,D., 2016, Belajar Alat Analisa Data Dan Cara Pengolahannya Dengan SPSS, Cetakan kesatu, Penerbit Gava Media, Yogyakarta: hal. 97, 103, 106, 109, 144, 150, 218.

Arikunto,S., 2010, Manajemen Penelitian, Cetakan ke sebelas, Rineka Cipta, Jakarta:hal.262.

Downloads

Published

2019-03-30

Issue

Section

Clinical Pharmacy