Efektivitas penggunaan alat peraga sederhana berbasis pendekatan sains teknologi masyarakat pada materi fluida statis

Authors

  • Suci Prihatiningtyas Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Ino Angga Putra Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

DOI:

https://doi.org/10.12928/jrkpf.v5i2.10988

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dan observasi langsung yang dilakukan oleh peneliti di program studi pendidikan fisika KH. A. Wahab Hasbullah, diketahui bahwa program studi tersebut belum memiliki alat peraga yang mampu membantu mahasiswa memperoleh pengalaman belajar secara langsung melalui praktikum sehingga hasil belajar yang diperoleh masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas penggunaan alat peraga sederhana berbasis pendekatan sains teknologi masyarakat pada materi fluida statis. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan pra-eksperimen One Group Pretest-Posttest Design pada mahasiswa pendidikan fisika semester genap tahun ajaran 2017-2018. Teknik penumpulan data berupa lembar pengamatan RPP dan aktivitas, tes hasil belajar serta angket respon mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan alat peraga sederhana berbasis pendekatan sains teknologi dan masyarakat pada materi fluida statis dapat efektif diterapkan pada mahasiswa. Hal ini dilihat dari hasil keterlaksanaan RPP yang berkategori baik, aktivitas mahasiswa yang dominan melakukan praktikum, hasil belajar mahasiswa rata-rata memiliki nilai 82, respon mahasiswa yang sangat baik terhadap penggunaan alat peraga sederhana fluida statis.

 

Based on the results of interviews and direct observations made by researchers in the physics education program KH. A. Wahab Hasbullah, it is known that the study program does not have visual aids that are able to help the students gain direct learning experience through practicum so that the learning result obtained is still low. This study aims to describe the effectiveness of the use of simple visual aid based on the approach of community science technology on static fluid materials. The quantitative descriptive research method is used with a pre-experimental approach of One Group Pretest-Posttest Design on a physics education student second semester of the academic year 2017-2018. Data collection techniques are RPP observation sheets and activity, a test of learning result and student response questionnaire. Based on the results of research and discussion it can be concluded that learning by using simple visual aid based on science and technology approach of society on the static fluid material can be effectively applied to students. This is seen from the results of the implementation of RPP is categorized well, the student activity is dominant in practicum, student learning outcomes on average has a value of 82, excellent student response to the use of simple static fluid visual aid.

 

Kata kunci: alat peraga sederhana, pendekatan sains teknologi masyarakat, fluida statis

References

Arifin, Mulyati,dkk., Stretegi Belajar Mengajar Kimia. Common Textbook (Edisi Revisi) . Bandung: Jurusan Pendidikan Kimia FMIPA UPI, 2011.

Pramesty, R. I., Pengembangan Alat Peraga Kit Fluida Statis Sebagai Media Pembelajaran Pada Sub Materi Fluida Statis di Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Mojosari, Mojokerto, Inovasi Pendidikan Fisika, Vol.2, No.3, 2013.

Poedjiadi, A., Sains teknologi masyarakat. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset, 2010

Sugiyono., Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R &D. Bandung : Alfabeta, 2009.

Abdullah, A., Oviana, W., & Khatimah, H., Penggunaan Alat Peraga dari Bahan Bekas dalam Menjelaskan Sistem Respirasi Manusia di MAN Sawang Kabupaten Aceh Selatan, Jurnal Biologi Edukasi, Vol.3, No.3, 51-55.

Tri, Hendrik dkk, Pengembangan Alat Peraga Resonator sebagai Alternatif Media Pembelajaran pada Materi Gelombang Bunyi Kelas XII SMA, Radiasi,Vol.3, No.2, 2013.

Inayah,Husnul dkk, Pengaruh Penggunaan Media Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Peredaran Darah Kelas VIII SMP Negeri 2 Bulukumba, Jurnal Sainsmat, Vol. IV, No. 1, 2015, 7-13

Afriyanto, E., Pengembangan Media Pembelajaran Alat Peraga pada Materi Hukum Biot Savart di SMA Negeri 1 Prambanan Klaten., JRKPF UAD, Vol.2 No.1, 2015

Rusmansyah, Irhasyuarna, Y., Implementasi Pendekatan Sains-Teknologi-Masyarakat (STM) dalam Pembelajaran Kimia di SMU N Banjarmasin., Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan., Vol.9, No.40, 2003, 95-109.

Widiyatmoko, A., & Pamelasari, S. D., Pembelajaran berbasis proyek untuk mengembangkan alat peraga IPA dengan memanfaatkan bahan bekas pakai, Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, Vol.1, No.1, 2012.

Downloads

Published

2018-10-30