Keefektifan pendekatan saintifik berbasis scaffolding terhadap kerja ilmiah siswa Kelas XI pada materi alat optik

Authors

  • Sholeh Mawandi Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Suci Prihatiningtyas Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Novia Ayu Sekar Pertiwi Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

DOI:

https://doi.org/10.12928/jrkpf.v5i2.10926

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menuntaskan hasil belajar peserta didik setelah pembelajaran melalui pendekatan saintifik berbasis scaffolding pada kerja ilmiah peserta didik kelas XI pada materi alat optik. Rancangan pada penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan pra-eksperimen. Penelitian ini menggunakan model ujicoba One Group Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI IPA semester genap MA Darul 'Ulum Sumberpenganten Jogoroto Jombang pada tahun pelajaran 2017/2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas perangkat pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik berbasis scaffolding pada materi alat optik meliputi RPP, LKS, dan THB berkategori baik dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Keterlaksanaan pembelajaran yang menggunakan pendekatan saintifik berbasis scaffolding pada materi alat optik telah berjalan dengan baik sesuai dengan RPP yang dikembangkan. Aktivitas peserta didik selama pembelajaran menunjukkan kategori baik, hampir seluruh peserta didik aktif mengikuti kegiatan belajar mengajar. Hasil belajar siswa tuntas secara klasikal. Respons siswa terhadap pembelajaran memberikan respons positif. Kendala yang dijumpai selama pembelajaran berhubungan dengan kemampuan peserta didik dalam presentasi. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui pendekatan saintifik berbasis Scaffolding terhadap kerja ilmiah peserta didik kelas XI pada materi alat optik efektif diterapkan di kelas dan dapat menuntaskan hasil belajar peserta didik.

 

The study aims to complete the learning outcomes of students after learning through a scientific approach based on Scaffolding on the scientific work of class XI students on optical equipment lesson. The design in this study uses quantitative research with a pre-experimental approach. This study uses the One Group Pretest-Posttest Design test model. Research subject was XI grade students of MA. Darul 'Ulum Sumberpenganten Jogoroto Jombang in academic year 2017/2018. The results showed that the validity of learning set using a scaffolding-based scientific approach to the material of optical devices including RPP, LKS, and THB was categorized as good and feasible to be used in learning. The implementation of learning that uses a scaffolding-based scientific approach on optical instrument material has gone well according to the developed RPP. The activities of students during learning show good categories, almost all students actively participate in teaching and learning activities. Student learning outcomes are complete classically. Students respond positively to learning process. Constraints encountered during learning relate to the ability of students in the presentation. Based on the findings above, it can be concluded that learning through the scientific approach based on Scaffolding on XI grade student's scientific work on the optical equipment lesson is effectively applied in the classroom and complete the learning outcomes of students.

 

Kata kunci: Pendekatan saintifik, Scaffolding, kerja ilmiah, alat optik, hasil belajar

References

Jaya Gede Wiratma, dkk, Penerapan Pendekatan Saintifik Melalui Metode Eksperimen Pada Pembelajaran Fisika Siswa Kelas X MIA 3 SMA Negeri 1 Tenggarong (Materi Suhu Dan Kalor), Saintifika. Volume16, Nomor 2, Desember 2014, hlm. 22 – 29

Nur Luthfi Rizqa Herianingtyas, dkk, Implementasi Pendekatan Saintifik Melalui Discovery Learning Dalam Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Pembelajaran IPA Di Kelas IV SD, 2014. hlm. 1 – 6

Kemendikbud, Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Tahun 2014 SD Kelas IV., Jakarta: Depdiknas, 2014.

Zykra Zakiah, Pendekatan Pembelajaran Saintifik Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Pada Anak Tunanetra Kelas I. Skripsi. Pendidikan Luar Biasa, FIP, UNESA, 2015

Udin Sidik Sidin, Penerapan Strategi Scaffolding Pada Pembelajaran Pemrograman Web Di SMK Kartika Wirabuana 1, Jurnal Publikasi Pendidikan, Volume VI No 3 Oktober 2016

Muhammad Aqil Rusli, dkk, Pembelajaran Fisika Melalui Pemrosesan Top Down Berbasis Scaffolding Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis, Jurnal Sainsmat, Vol. III, No. 1, Maret 2014, Halaman 1-11

Maria Emanuela Ine, Penerapan Pendekatan Scientific Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Pokok Bahasan Pasar, Prosiding Seminar Nasional 9 Mei 2015.

A Machin, Implementasi Pendekatan Saintifik, Penanaman Karakter Dan Konservasi Pada Pembelajaran Materi Pertumbuhan, JPII 3 (1) (2014) 28-35

Irwandi, Pengaruh Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Biologi melalui Strategi Inkuiri dan Masyarakat Belajar pada Siswa dengan Kemampuan Awal Berbeda terhadap Hasil Belajar Kognitif di SMA Negeri Kota Bengkulu, Jurnal Kependidikan Triadik, Volume 12, No. 1, April 2009

Carin, A.A. & Sund, R.B, Teaching Science trough Discovery, 3rd Ed. Columbus: Charles E. Merrill Publishing Company, 1975.

Baldwin, A.L, Theories of Child Development. New York: John Wiley & Sons, 1967.

Nur, M. & Wikandari, P.R, Pengajaran Berpusat Kepada Siswa Dan Pendekatan Konstruktivis Dalam Pengajaran. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya University Press, 2000.

Sudi Dul Aji, Dkk, Dampak PBL Terhadap Kerja Ilmiah Mahasiswa Pada Perkuliahan Pengembangan Media Pembelajaran,Jurnal Inspiraasi Pendidikan.

Carl J. Wenning, Assessing Inquiry Skill as a Component Of Scientific Literacy, J. Phys. Tchr. Educ. Online, 4(2), Winter 2007

Anna Karelina and Eugenia Etkina, Acting like a physicist: Student approach study to experimental design, PHYS. REV. ST PHYS. EDUC. RES. 3, 020106 !2007"

Downloads

Published

2018-10-30