PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN GAYA KOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU SOSIAL (Studi Eksperimental di Kelas IV SD 02 Muktiwari Cibitung Kabupaten Bekasi Tahun 2014/2015)
DOI:
https://doi.org/10.26555/jpsd.v4i2.a9598Keywords:
metode pembelajaran kooperatif, gaya kognitif, hasil belajar ilmu sosialAbstract
Gaya kognitif (Field Independent dan Field Dependent) yang dimiliki oleh individu menjadi salah satu faktor internal mendukung penciptaan hasil belajar yang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik metode pembelajaran kooperatif make a match dan think pair share terhadap hasil belajar kognitif siswa pada Ilmu Sosial.
Penelitian ini merupakan rancangan penelitian eksperimental dengan menggunakan Desain dengan level 2 x 2 dengan deret double variance test (ANOVA 2x2). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SDN Muktiwari 02 Kecamatan Cibitung Kabupaten Bekasi tahun ajaran 2014/2015. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian dengan cara teknik random sampling. Teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur dan pengujian simple effect dengan Uji Tuckey.
Hasil penelitian menyebutkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara interaksi antara metode pembelajaran cooperative (teknik Make a match dan teknik Think Pair Share) dengan gaya kognitif dan berpengaruh terhadap tinggi rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas IV Sekolah Dasar.References
Brown, H. Douglas. Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa Edisi Kelima diterjemahkan oleh Noor Cholis dan Yusi Avianto Pareanom. Jakarta: Kedutaan Besar Amerika, 2008.
Desmita. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2009.
Hamdayama, Jumanta. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia, 2014.
Kefee, Jame W. Learning Style Theory and Practice. Virginia: NASSP Association Driven, 1987.
Lie, Anita. Cooperative Learning. Jakarta: PT. Grasindo, 2002
Nurhasanah, Ana. “Peningkatan Hasil Belajar IPS melalui Metode Cooperative Teknik Think Pair Share” Tesis, Universitas Negeri Jakarta, 2012.
Slameto. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
Slavin, Robert E. Cooperative Learning. Bandung : Nusa Media, 2005.
Suprijono, Agus. Cooperative Learning Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.
Susanto, Ahmad. Teori Belajar dan Pembelajaran di SD. Jakarta: Kencana, 2013.
Trianto. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher, 2007.
Zaitun, Marwah. “Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganeraan tentang Lembaga-lembaga Negara melalui Metode Cooperative Teknik Make a match” Tesis, Universitas Negeri Jakarta, 2011.
Zakiah, Aghniyani. “Pengaruh penerapan pendekatan pembelajaran kontekstual (contextual teaching & learning) Bermedia VCD dan LKS terhadap pencapaian Kompetensi mata pelajaran sejarah ditinjau dari gaya kognitif siswa” Tesis, Universitas Sebelas Maret, 2008.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar).
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License