ANALISIS INSTRUMEN KENDANG DALAM KARAWITAN JAWA DI TINJAU DARI NILAI LUHUR TAMANSISWA
DOI:
https://doi.org/10.26555/jpsd.v4i2.a9592Keywords:
Analisis estetika, karawitan Jawa, nilai luhur TamansiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan analisis estetika karawitan Jawa dalam kaitannya dengan nilai-nilai luhur Tamansiswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus yaitu mengamati secara langsung ke lapangan dengan melakukan wawancara kepada pelaku seni, lembaga, dan masyarakat sekitar. Hasil wawancara digunakan untuk memperoleh informasi tentang kekuatan, kelemahan, peluang, dan hambatan dari masing-masing kelompok karawitan yang ada dilingkungan Tamansiswa. Hasil wawancara di analisis menggunakan analisis SWOT kemudian dipetakan dengan matriks EFAS dan IFAS. Tujuan akhir dari penelitian ini adalah merumuskan strategi analisis estetika pada karawitan jawa yang berada di Yogyakarta dan khususnya berada di lingkungan Tamansiswa. Gamelan dan Tamansiswa menjadi satu kesatuan estetika karena nilai yang terkandung dalam gamelan itu sendiri erat dengan ajaran Tamansiswa yaitu Tri Saksi Jiwa (Cipta, Rasa, Karsa) cipta selalu terkait dengan bentuk instrument gamelan sedangkan rasa adalah manifestasi dari hasil yang di bunyikan dari gamelan kemudian karsa adalah ciri khas kebudayaan yang meliputi kekuatan gotong-royong (kebersamaan) dalam menyajikan pertunjukan gamelan.References
Hari Sulastyanto. 2007. Seni dan Budaya. Bandung: Grafindo Media Pratama.
Koentjaraningrat. 1985. Kabudayaan Mentalitas dan Pembangunan. Jakarta: PT Gramedia.
Koentjaraningrat. 2002. Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Rineka Cipta.
Junaidi Ghoni. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media,.
Suwardi Endrasmara. 2006. Penelitian Kebudayaan Ideologi, Epistimologi, dan Aplikasi. Tangerang: PT Agromedia Pustaka,
Karl Edmond Prier, Sj,. 1987. Kula Sowan Gusti: Kumpulan Gending Gereja Karangan C. Hardjasoebrata. Yogyakarta : Pusat Musik Liturgi.
Marsudi. 1998. ”Ciri Khas Gending-gending Ki Nartosabdo: Satu Kajian Aspek Musikologi dalam Karawitan”, Tesis sebagai salah satu syarat untuk mencapai derajat sarjana S-2 Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.
Moh Roqib. 2007. Harmoni Dalam Budaya Jawa. Purwokerto: STAIN Purwokerto Press.
Koentjaraningrat. 2009. Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Rineka Cipta.
Rahayu Supanggah. 2009. Bothekan Karawitan II. Surakarta: ISI Press.
Subuh. 2006. Gamelan Jawa Inkulturasi musik Gereja. Surakarta : STSI Press.
Sutopo. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif Dasar, Teori, dan Terapannnya dalam Penelitian. Surakarta: UNS Press. Tim Tamansiswa. 2012. Tamansiswa (Badan Perjuangan Kebudayaan & Pembangunan Masyarakat). Yogyakarta: Perguruan Tamansiswa
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar).
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License