STRATEGI MANAJEMEN SEKOLAH DASAR DALAM MENUMBUHKAN JIWA KEWIRAUSAHAAN
DOI:
https://doi.org/10.26555/jpsd.v4i2.a9590Keywords:
strategi, manajemen sekolah dasar, kewirausahaanAbstract
Semangat dan jiwa kewirausahaan muncul melalui sebuah proses yang panjang, terutama bagi mereka yang tidak memiliki pengalaman atau tidak terbiasa berada di lingkungan yang menunjang tumbuhnya semangat dan jiwa kewirausahaan tersebut. Seringkali lembaga pendidikan hanya menghasilkan peserta didik yang terampil namun tidak memiliki jiwa kewirausahaan, sehingga pada akhirnya peserta didik terbentuk sebagai tenaga siap bekerja bukan pencipta lapangan pekerjaan. Jauh sebelumnya, pada proses penanaman jiwa kewirausahaan melalui pendidikan, terdapat proses pembentukan jiwa kewirausahaan yaitu melalui proses pembelajaran dan pembiasaan diri sebagai pencetus karakter di kemudian hari. Dalam hal ini, Sekolah Dasar (SD) sebagai pintu wajib belajar pendidikan pertama bagi anak tentunya memiliki peranan yang penting. Secara eksplisit, di jenjang pendidikan SD tidak ada kewajiban untuk mempelajari kewirausahaan. Namun, jika dihubungkan dengan kebutuhan, harapan dan dukungan pemerintah terhadap tumbuhnya jiwa kewirausahaan melalui pendidikan, maka hal ini layaknya perlu mendapatkan perhatian lebih. Berikut dijabarkan beberapa strategi yang dapat dilakukan manajemen dalam upaya menumbuhkan jiwa kewirausahaan di lingkungan SD yaitu melalui kegiatan market week¸ kegiatan field trip pasar tradisional dan pasar modern, ekskul berbasis kewirausahaan, pengembangan perangkat pembelajaran, pengadaan lab kewirausahaan, penataan suasana sekolah untuk penanaman nilai-nilai kewirausahaan, pelatihan berbasis kewirausahaan yang berkesinambungan bagi tenaga pendidik, dan pemberian penghargaan.References
Budiawan, Noorman. 2011. Skripsi: Model Pendidikan Market Day di SD Alam Ungaran (Studi tentang Penananman Nilai-Nilai Kewirausahaan pada Siswa Sekolah Dasar). Semarang: Unnes.
Fitriyah, Badi’atul. 2014. Skripsi: Peranan Metode Karyawisata (Field- Trip) dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Anak Usia Dini di PAUD Annisa Pekajangan Kedungwuni Pekalongan. Pekalongan: Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri ( STAIN) Pekalongan.
Hakim, Dhikrul. 2012. Prosiding Vol 1 No. 2: Pengembangan Pendidikan Kewirausahaan Berdasarkan Nilai-Nilai Budaya Untuk Membentuk Daya Saing Dan Karakter Bangsa. Jombang: Unipdu.
Kasmir. 2016. Kewirausahaan. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Ningsih, Puji Rahayu. 2012. Prosiding: Penerapan Metode Pembelajaran Mini Lab Untuk Melatih Dasar – Dasar Entrepreneurship Pada Siswa Menengah Pertama. Jombang: Unipdu.
Pakaya, Iwin.2013. Skripsi: Meningkatkan Kemampuan Siswa Menulis Puisi Melalui Metode Karya wisata Di Kelas II SDN 02 Bulango Utara Kabupaten Bone Bolango. Goronntalo: Universitas Negeri Gorontalo.
Rachmadyanti, Putri dan Vicky Dwi Wicaksono. 2016. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan: Pendidikan Kewirausahaan Bagi Anak Usia Sekolah Dasar. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Setyono, Andik. 2014. Teaching Resource (online: www.eprints.dinus.ac.id) Literature Review. Universitas Dian Nuswantoro.
Susilana, Rudi dan Cepi Riyana. 2009. Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.
http://www.depkop.go.id/content/read/ratio-wirausaha-indonesia-naik-jadi-31-persen/
http//kbbi.go.id/karyawisata/
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar).
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License