ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SD DALAM MENYELESAIKAN OPEN-ENDED PROBLEM

Authors

  • Dini Ramadhani
  • Nuryanis Nuryanis

DOI:

https://doi.org/10.26555/jpsd.v4i2.a9589

Keywords:

analisis, berpikir, kreatif matematis, open-ended, problem

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif matematis penting dilatih sejak siswa berada di tingkat Sekolah Dasar. Siswa dilatih menyelesaikan open-ended problem agar berkembang pemikiran kreatif matematisnya. Penelitian ini bertujuan memperoleh gambaran tingkat kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SD. Sampel penelitian adalah siswa kelas IV SD di Kecamatan Langsa Lama sebanyak 48 orang yang mewakili siswa yang memiliki katagori kemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Instrumen yang digunakan yaitu tes, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan serta menggunakan teknik triangulasi data agar memperoleh keabsahan. Hasil penelitian menunjukkan dari 16 siswa pada katagori tinggi, 10 orang berada pada level TBKM level 3 (kreatif) dan 6 orang berada pada TBKM level 2 (cukup kreatif). Pada siswa kategori sedang yang berjumlah 16 siswa, terdapat 6 orang berada pada TBKM level 3 (kreatif) dan sebanyak 10 orang berada pada TBKM level 2 (cukup kreatif). Pada siswa katagori kurang dengan jumlah siswa sebanyak 16 orang, sebanyak 2 orang berada pada TBKM level 3 (kreatif), 7 orang berada pada TBKM level 2 (cukup kreatif), dan sebanyak 7 orang berada pada TBKM level 1 (kurang kreatif).

References

Aizikovitsh 2014. The Extent of Mathematical Creativity and Aesthetics in Solving Problems among Students Attending the Mathematically Talented Youth Program. Creative Education,5, 228-241. Diakses Dari http://file.scirp.org/pdf/CE_2014031217160229.pdf

Al-Absi, M.. 2013. The Effect of Open-ended Tasks as an assessment tool on Fourth Graders’ Mathematics Achievement, and Assessing Students’. Journal of Educational Sciences Vol. 9 No. 3. Hal. 345-351.

Chamberlain and Moon (2005) Chamberlin, S. A., & Moon, S. (2005). Model-Eliciting Activities: An Introduction to Gifted Education. Journal of Second- ary Gifted Education, 17, 37-47.

Chiu (2009) Chiu, M.-S. (2009). Approaches to the Teaching of Creative and Non-Creative Mathematical Problems. International Journal of Science and Mathematics Education, 7, 55-79. Diakses dari http://dx.doi.org/10.1007/s10763-007-9112-9

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Depdiknas.

Ervynck G. (2002) Mathematical Creativity. In: Tall D. (eds) Advanced Mathematical Thinking. Mathematics Education Library, vol 11. Springer, Dordrecht. http://doi.org.ololo.sci-hub.bz/10.1007/0-306-47203-1_3

Krulik, Stephen & Rudnick, Jesse A. (1999). Innovative Tasks To Improve Critical and Creative Thinking Skills. Dalam Stiff, Lee V.

Curcio, Frances R. (eds). Developing Mathematical reasoning in Grades K-12. 1999 Year book. h.138-145. Reston: The National Council of teachers of Mathematics, Inc.

Leikin, Roza & Lev, Miriam . (2012). Mathematical Creativity In Generally Gifted and Mathematically Excelling adolescent: What Makes The Difference? ZDM Mathematic Education, 45, 183-197. Diakses dari http://sci-hub.bz/10.1007/s11858-012-0460-8

Huda, C. 2011. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika dengan Model Pembelajaran Treffinger pada Materi Pokok Keliling dan Luas Persegipanjang. Diakses dari (http://digilib.sunan-ampel.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jiptiain--chotmilhud-9908

Hwang, W. Y., Chen, N.S., Dung, J.J., & Yang, Y. L. (2007). Multiple Representation Skills and Creativity Effects on Matematical Problem Solving Using a Multimedia Whiteboard System. Educational Technology & Society, 10, 191-192, Diakses dari http://www.ifets.info/journals/10_2/17.pdf

Inprasitha, Maitree. 2006. “Open Ended Approach and Teacher Education”. SPRING: Tsukuba Journal of Educational Study in Mathematics. Vol.25

Quality Enhancement Plant. (2014 ). High-order Skills in Critical and Creative Thinking. NC Stae University, USA. https://northgatech.edu/downloadFile.aspx?query=QEP%20Final%20Document.pdf

Schrauth, A, Michelle. (2014). Fostering Mathematical Creativity In The Middle Grades: Pedagogical and Mathematical Practices. (Doctoral Disertasi, Texas State University, 2014). Diakses dari https://ecommons.txstate.edu/bitstream/handle/10877/5260/SCHRAUTH-DISSERTATION-2014.pdf?sequence=1&isAllowed=y

Silver, E. (1997). Fostering Creativity through Instruction Rich in Mathematical Problem Solving and Problem Posing. ZDM, 3, 75-80. http://dx.doi.org/10.1007/s11858-997-0003-x

Siregar, Syofyan. 2013. Metode penelitian kuantitatif; dilengkapi perbandingan perhitungan manual dan SPSS. Edisi pertama. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Siswono, Tatag Y.E. 2007. Desain Tugas untuk Mengidentifikasi kemampuan berpikir Kreatif Siswa dalam Matematika. Jurusan Matematika FMIPA: Universitas Negeri Surabaya (Online). Terseida: di tatagyes.files.wordpress.com/2007/10/tatag_jurnal_unej.pdf [25 juni 2013]

Siswono, Eko, Y,T. (2011). Level of Student’s Creative Thinking In Classroom Matematics. Educational Research and Review, 6(7), 548-553. Diakses dari http://www.academicjournals.org/article/article1379767432_Siswono.pdf

Downloads

Published

2017-12-26

Issue

Section

Articles