PENINGKATAN KOMPETENSI BERWUDHU MELALUI MEDIA LAGU PADA SISWA KELAS I SD NEGERI REJODANI NGAGLIK SLEMAN

Authors

  • Ponimin Ponimin SD NEGERI REJODANI NGAGLIK SLEMAN

DOI:

https://doi.org/10.26555/jpsd.v3i2.a7989

Keywords:

media lagu, kompetensi berwudhu

Abstract

Penggunaan media pembelajaran yang tepat ikut menentukan keberhasilan pembelajaran di kelas. Rendahnya kompetensi siswa dalam praktek beribadah terutama pada kompetensi menghafal urut-urutan berwudhu yang rendah perlu mendapat perhatian khusus. Melalui penggunaan media lagu diharapkankompetensi siswa dalam praktek beribadah khususnya berwudhu serta kompetensi menghafal urut-urutan berwudhu dapat meningkat. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I dengan jumlah siswa 33 anak yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan. Hasil penelitian menyimpulkanbahwamelalui media lagu dalam pembelajaran dapat meningkatkan kompetensi berwudhu pada siswa kelas I SD Negeri Rejodani Ngaglik SlemanTahun Pelajaran 2015/2016. Persentase ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan tiap siklusnya. Pada saat prasiklus rata-rata prestasi belajar 66,06 dengan ketuntasan 57,58%, siklus I rata-rata prestasi belajar 71,67 dengan ketuntasan 75,76%, dan siklus II rata-rata prestasi belajar 82,12 dengan ketuntasan 87,88%. Adanya peningkatan aktivitas siswa dan aktivitas guru dalam pembelajaran PAI. Aktivitas siswa pada siklus I sebesar 60%. Pada siklus II meningkat menjadi 88,33%. Sedangkan aktivitas guru siklus I sebesar 70%. Pada siklus IImeningkat menjadi 95%.

References

Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Oan Hasanudin, 2007, Mukjizat Berwudhu. Jakarta : Qultum Media

Suharsimi Arikunto. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Suharsimi Arikunto, Suhardjono, dan Supardi. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Downloads

Published

2017-11-16

Issue

Section

Articles