EFEKTIFITAS KINERJA GURU DALAM PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MELALUI PEMANFAATAN KEANEKARAGAMAN HAYATI (KEHATI) DAN PROGRAMADIWIYATA DI SD N GIWANGAN

Authors

  • Siyam Mardini SD N GIWANGAN

DOI:

https://doi.org/10.26555/jpsd.v3i2.a7946

Keywords:

Efektifitas, Kinerja Guru, Pembelajaran Kontekstual, Kehati dan Program Adiwiyata

Abstract

SD N Giwangan sebagai sekolah Adiwiyata mempunyai lingkungan yang baik tetapibelum dimanfaatkan dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil pengamatan ketika supervisi akademik, terdapat indikator yang rendah pada pelaksanaan pembelajaran kontekstual danpelaksanaan pembelajaran di luar kelas. Penelitian dilakukan kepada16 guru, untuk mengukur kinerja guru melalui supervisi pelaksanaan proses pembelajaran sebanyak 2 siklus. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumen, dan kuisener. Prosedur penelitian melalui perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Indikator kinerja guru efektif, jika guru mampu menerapkan pembelajaran kontekstual yang dinilai dari hasil proses pelaksanaan pembelajaran dengan nilai minimal 85,00. Pembelajaran Kehati dan program Adiwiyata memberikan inspirasi baru kepada guru, untuk bisa mengembangkan materi ajar. Pendekatan kontekstual, berdampak siswa senang danaktif karena dilibatkan langsung mengelola lingkungan. Wawasan guru bertambah, guru mampu menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan menyajikan proses pembelajaran dengan sumber belajar lingkungan sekolah. Perubahan pola pikir dan kinerja guru, dapat meningkatkan kinerja guru. Indikator kinerja guru baik jika hasil supervisi proses pelaksanaan pembelajaran semua indikator dilaksanakan guru. Artinya, semua indikator dilaksanakan guru maka kinerja guru efektif. Berdasarkan hasil penelitian siklus I, bahwa pembelajaran kontekstual dan pembelajaran di luar kelas mencapai 62,50. Siklus I belum semua guru mempunyai kinerja baik. Sedangkan pada siklus II, guru yang menerapkan pembelajaran kontekstual dan pembelajaran di luar kelas telah mencapai 93,75. Berdasarkan hasil penelitiansiklus I dan II terdapat peningkatan 31,25, sehingga dapat disimpulkan bahwa efektifitas kinerja guru tercapai karena semua indikator dilaksanakan saat pelaksanaan proses pembelajaran. Pemanfaatan Kehati dan program Adiwiyata di SD N Giwangan berdampak pada kinerja guru menjadi lebih baik dan efektif.

References

Akhmad Muhaimin. 2014. Menjadi Guru Favorit. Jakarta : Ar-Ruzz Media

Endang Komara. 2014. Belajar dan Pembelajaran Interaktif. Bandung : PT. Refika Aditama

George Boeree. 2008. Metode Pembelajaran dan Pengajaran. Jakarta : Ar-Ruzz Media

Jamal Ma’mur Asmani. 2012. Tips Efektif Supervisi Pendidikan Sekolah. Jogjakarta: Diva Press

Nurani Soyomukti. 2013. Teori-teori Pendidikan. Jakarta: Ar-Ruzz Media.

Mulyasa. 2016. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta : Bumi Aksara

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 20 tahun 2016. Standar Kompetensi Lulusan. Jakarta : Kemendikbud.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 21 tahun 2016. Standar Isi. Jakarta : Kemendikbud

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 22 tahun 2016. Standar Proses. Jakarta : Kemendikbud

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 23 tahun 2016. Standar Penilaian. Jakarta : Kemendikbud

Downloads

Published

2016-09-15

Issue

Section

Articles