EFEKTIFITAS KINERJA GURU DALAM PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MELALUI PEMANFAATAN KEANEKARAGAMAN HAYATI (KEHATI) DAN PROGRAMADIWIYATA DI SD N GIWANGAN
DOI:
https://doi.org/10.26555/jpsd.v3i2.a7946Keywords:
Efektifitas, Kinerja Guru, Pembelajaran Kontekstual, Kehati dan Program AdiwiyataAbstract
SD N Giwangan sebagai sekolah Adiwiyata mempunyai lingkungan yang baik tetapibelum dimanfaatkan dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil pengamatan ketika supervisi akademik, terdapat indikator yang rendah pada pelaksanaan pembelajaran kontekstual danpelaksanaan pembelajaran di luar kelas. Penelitian dilakukan kepada16 guru, untuk mengukur kinerja guru melalui supervisi pelaksanaan proses pembelajaran sebanyak 2 siklus. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumen, dan kuisener. Prosedur penelitian melalui perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Indikator kinerja guru efektif, jika guru mampu menerapkan pembelajaran kontekstual yang dinilai dari hasil proses pelaksanaan pembelajaran dengan nilai minimal 85,00. Pembelajaran Kehati dan program Adiwiyata memberikan inspirasi baru kepada guru, untuk bisa mengembangkan materi ajar. Pendekatan kontekstual, berdampak siswa senang danaktif karena dilibatkan langsung mengelola lingkungan. Wawasan guru bertambah, guru mampu menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan menyajikan proses pembelajaran dengan sumber belajar lingkungan sekolah. Perubahan pola pikir dan kinerja guru, dapat meningkatkan kinerja guru. Indikator kinerja guru baik jika hasil supervisi proses pelaksanaan pembelajaran semua indikator dilaksanakan guru. Artinya, semua indikator dilaksanakan guru maka kinerja guru efektif. Berdasarkan hasil penelitian siklus I, bahwa pembelajaran kontekstual dan pembelajaran di luar kelas mencapai 62,50. Siklus I belum semua guru mempunyai kinerja baik. Sedangkan pada siklus II, guru yang menerapkan pembelajaran kontekstual dan pembelajaran di luar kelas telah mencapai 93,75. Berdasarkan hasil penelitiansiklus I dan II terdapat peningkatan 31,25, sehingga dapat disimpulkan bahwa efektifitas kinerja guru tercapai karena semua indikator dilaksanakan saat pelaksanaan proses pembelajaran. Pemanfaatan Kehati dan program Adiwiyata di SD N Giwangan berdampak pada kinerja guru menjadi lebih baik dan efektif.References
Akhmad Muhaimin. 2014. Menjadi Guru Favorit. Jakarta : Ar-Ruzz Media
Endang Komara. 2014. Belajar dan Pembelajaran Interaktif. Bandung : PT. Refika Aditama
George Boeree. 2008. Metode Pembelajaran dan Pengajaran. Jakarta : Ar-Ruzz Media
Jamal Ma’mur Asmani. 2012. Tips Efektif Supervisi Pendidikan Sekolah. Jogjakarta: Diva Press
Nurani Soyomukti. 2013. Teori-teori Pendidikan. Jakarta: Ar-Ruzz Media.
Mulyasa. 2016. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta : Bumi Aksara
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 20 tahun 2016. Standar Kompetensi Lulusan. Jakarta : Kemendikbud.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 21 tahun 2016. Standar Isi. Jakarta : Kemendikbud
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 22 tahun 2016. Standar Proses. Jakarta : Kemendikbud
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 23 tahun 2016. Standar Penilaian. Jakarta : Kemendikbud
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar).
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License