REDESAIN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF PEMBELAJARAN ABAD 21
DOI:
https://doi.org/10.26555/jpsd.v4i1.a7360Keywords:
Pembelajaran abad 21, Berpikir Kritis dan Kreatif, Lembaga Pendidikan IslamAbstract
Munculnya periode baru yang sering disebut dengan masa desrupsi menuntut sumber daya manusia memiliki kompetensi dan ketrampilan baru. Lembaga pendidikan merupakan sarana untuk menyiapkan sdm yang punya kompetensi dan ketrampilan tersebut. Oleh karena itu, lembaga pendidikan islam harus mampu menyesuaikan desain pembelajarannya agar mampu membekali siswa memiliki kompetensi dan ketrampilan yang dibutuhkan untuk hidup pada abad 21. Dalam perspektif pembelajaran abad 21, ada 4 hal penting yang harus dikembangkan oleh lembaga pendidikan islam, yaitu; critical thingking, creativity, communication, dan collaboration. Artikel ini focus pada dua aspek yaitu, bagaimana desain pembelajaran agar siswa memiliki kompetensi berpikir kritis dan bertindak kreatif. Data dikumpulkan melalui literature review dan dianalisis melalui analisis data deskriptif kualitatif. Kesimpulan menunjukkan bahwa pertama, kompetensi critical thingking dapat dicapai melalui pendekatan saintifik, Kedua, kompetensi creativity, dapat dicapai dengan cara mendesain pembelajaran sehingga dapat menghasilkan produk tertentu.
References
Aitken, Nola and Pungur, Lydia (1996) Authentic Assessment, diunduh dari www.ntu.edu.vn, Oktober 2013.
Badan Standar Nasional Pendidikan (2010). Paradigma Pendidikan Nasional Di Abad-21. Jakarta: BSNP
Costa, A. L., & Kallick, B. (1992). Reassessing assessment. In A. L.
Costa, J. A. Bellanca, & R. Fogarty, (Eds.), If minds matter: A forward to the future, Volume II (pp. 275280). Palatine, IL: IRI/Skylight Publishing
Dyer, Jeffrey H.; Gregersen, Hal B., and Christensen, Clayton M. (2009) The innovator’s DNA, Harvard Business Review, December 2009, pp. 1-10.
Indrawati dan Wanwan Setiawan, Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan t.tp. : PPPPTK IPA, 2009
Mukminan, tantangan pendidikan di abad 21, SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN 2014 “Peningkatan Kualitas Pembelajaran Pendayagunaan Teknologi Pendidikan” Diselenggarakan oleh Prodi. Teknologi Pendidikan Program Pascasarjana - Universitas Negeri Surabaya 29 November 2014, Hlm 6
Ormiston, Meg (2011). Creating a Digital-Rich Classroom: Teaching & Learning in a Web 2.0 World. Solution Tree Press. pp. 2–3. ISBN 978-1-935249-87-0
Sapriya. (2012). Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Syah, Muhibbin dan Rahayu Kariadinata, “Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAKEM)”, Bahan Pelatihan, UIN Sunan Gunung Djati, Bandung, 2009.
Wiggins, G., and McTighe, J. (2011). The Understanding by Design guide to creating highquality units. Alexandria, VA: ASCD.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar).
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License