PENERAPAN METODE GIST (GENERATING INTERACTION SCHEMATA AND TEXT) DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PADA PENGAJARAN BAHASA INDONESIA DI PGSD UAD
DOI:
https://doi.org/10.26555/jpsd.v4i1.a7342Keywords:
Metode GIST (Generating Interaction Schemata and Text), kemampuan membaca pemahamanAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penguasaan metode membaca mahasiswa, sehingga mahasiswa hanya mampu membaca dengan satu gaya membaca untuk semua ragam wacana. Dampak dari kondisi ini adalah kemampuan membaca dan minat baca mahasiswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keefektifan metode GIST (Generating Interaction Schemata and Text) dalam pembelajaran membaca pemahaman. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif berupa metode eksperimen semu dengan desain penelitian pretest-posttestControl Group. Teori yang melandasi penelitian ini metode membaca GIST, dan membaca pemahaman. Data hasil penelitian berupa hasil tes mahasiswa kelas eksperimen dan kelas kontrol sebelum dan sesudah diberikan perlakuan yang berupa soal objektif sebanyak 30 soal untuk pretes dan 30 soal untuk postes. Melalui uji hipotesis hasil penelitian menunjukkan metode GIST (Generating Interaction Schemata and Text) efektif digunakan dalam pembelajaran membaca pemahaman.
References
Abidin, Yunus. 2012. Pembelajaran Membaca Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama.
Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Penilaian Pembelajaran Bahasa BerbasisKompetensi. Yogyakarta: BPFE.
Subana, dkk. 2000. Statistik Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif,dan R & D). Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar).
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License