PENERAPAN METODE GIST (GENERATING INTERACTION SCHEMATA AND TEXT) DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PADA PENGAJARAN BAHASA INDONESIA DI PGSD UAD

Authors

  • Hanum Hanifa Sukma Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.26555/jpsd.v4i1.a7342

Keywords:

Metode GIST (Generating Interaction Schemata and Text), kemampuan membaca pemahaman

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penguasaan metode membaca mahasiswa, sehingga mahasiswa hanya mampu membaca dengan satu gaya membaca untuk semua ragam wacana. Dampak dari kondisi ini adalah kemampuan membaca dan minat baca mahasiswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keefektifan metode GIST (Generating Interaction Schemata and Text) dalam pembelajaran membaca pemahaman. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif berupa metode eksperimen semu dengan desain penelitian pretest-posttestControl Group. Teori yang melandasi penelitian ini metode membaca GIST, dan membaca pemahaman. Data hasil penelitian berupa hasil tes mahasiswa kelas eksperimen dan kelas kontrol sebelum dan sesudah diberikan perlakuan yang berupa soal objektif sebanyak 30 soal untuk pretes dan 30 soal untuk postes. Melalui uji hipotesis hasil penelitian menunjukkan metode GIST (Generating Interaction Schemata and Text) efektif digunakan dalam pembelajaran membaca pemahaman.

References

Abidin, Yunus. 2012. Pembelajaran Membaca Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama.

Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Penilaian Pembelajaran Bahasa BerbasisKompetensi. Yogyakarta: BPFE.

Subana, dkk. 2000. Statistik Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif,dan R & D). Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2017-09-18

Issue

Section

Articles