PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI BANGUN DATAR UNTUK MAHASISWA PGSD UAD
DOI:
https://doi.org/10.26555/jpsd.v4i1.a7246Keywords:
Pengembangan Modul Matematika, Kontekstual, Bangun DatarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul matematika dengan pendekatan kontekstual pada materi bangun datar untuk mahasiswa PGSD serta untuk mengetahui modul yang layak bagi mahasiswa PGSD. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Pengembangan dilakukan mengacu pada model pengembangan ADDIE. Subbjek uji coba penelitian adalah mahasiswa PGSD UAD angkatan 2015. Hasil penilaian ahli materi dan pembelajaran diperoleh skor X= 259 menunjukkan modul matematika dengan pendekatan kontekstual pada materi bangun datar layak digunakan dengan kriteria Sangat Baik. Hasil penilaian ahli media diperoleh skor X=161 menunjukkan modul matematika dengan pendekatan kontekstual pada materi bangun datar layak digunakan dengan kriteria Sangat Baik.
References
Benny A. Pribadi. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat
Dharma, Surya. 2008. Penulisan Modul. Jakarta: Depdiknas
Depdiknas. (2008). Panduan pengembangan bahan ajar. Jakarta:Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Liao, S.Y. (2012). The application of piaget and bruners cognitive-developmentaltheory in children's dance teaching. The International Journal of ArtEducation, 10 (2). 185-186.
Novia Prastika, dkk. 2013. Pengaruh pendekatan kontekstual terhadap pemahaman konsep matematis.
Nurhadi. 2002. Pendekatan Kontekstual. Jakarta: Depdiknas
Permendiknas No 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
Santrock, J.W. (2009). Psikologi pendidikan. Educational psychology EdisiKetiga Buku I (Terjemahan Diana Angelica). New York: McGraw-Hill.(Buku asli diterbitkan tahun 2008)
Soewandi, Slamet. 2005. Perspektif Pembelajaran di Berbagai Bidang. Yogyakarta: USD
Widiyoko, Eko Putro. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar).
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License