STRATEGI SEKOLAH DALAM PENDIDIKAN MULTIKULTURAL
DOI:
https://doi.org/10.26555/jpsd.v3i1.a6030Keywords:
sekolah, pendidikan multikulturalAbstract
Sekolah merupakan lembaga pendidikan yang mempersiapkan peserta didik untuk menjadi generasi yang memiliki pengetahuan, wawasan/sikap dan tindakan di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yang memperhatikan latar belakang multikulturalisme. Kemajemukan bangsa Indonesia yang dimiliki adanya perbedaan budaya, suku, ras, agama dapat dijadikan sumber kekuatan yang sinergis dalam membangun kemajuan bangsa dan negara. Di dalam mengembangkan pendidikan multikultural di sekolah dapat menggunakan beberapa strategi baik di dalam kegiatan belajar mengajar, kegiatan-kegiatan sekolah yang lain maupun penerapan manajemen sekolah berbasis multikural yang menjadi penanggung jawab dan pemimipinya adalah kepala sekolah.
Ciri bangsa Indonesia yang pluralistik dan multikultural menyebabkan strategi kebudayaan nasional harus diisi dengan nilai-nilai yang tepat, di antaranya adalah prinsip mutualisme yaitu kebersamaan dan kerja sama yang memberi manfaat kepada semua pihak yang bekerja sama, bukan hanya searah dan menguntungkan satu pihak saja, berarti menekankan pada pentingnya memberikan kesempatan bagi berkembangnya masyarakat multikultural yang masing-masing harus diakui haknya untuk mengembangkan dirinya melalui kebudayaan mereka. Dengan demikian membangun dirinya, membangun tanah leluhurnya termasuk sebagai bagian dari tanah air Indonesia dengan didasari oleh sikap egalitarian, toleran dan demokratis.
References
Aly, A. 2003.”Menggagas Pendidikan Islam Multikultural di Indonesia”, Jurnal Ishraqi Vol.II no.1 Januari – Juli 2003. pp. 60-73.
Banks, JA. 1993. Multicultural Education: Historical Development, Dimention an Practice. Review of Research in Education. Vol.19. p.254.
Dawam, A. 2003. Emoh Sekolah. Yogyakarta: Inspeal Ahimsa Karya Press.
Dinata, S., dkk. 2003. Indonesia’s Population, Etnicity and Religion in Changing Political Landscape. Singapore: Institute of South East Asean Studies.
Elashmawi, F. And Harris, P.R. 1994. Multicultural Management, New Skills for Global Succes. Malaysia: Abdul Majeed and Co. http://lubisgrafura.wordpress.com diunduh tanggal 20 November 2016.
Mahfud, C. 2009. Pendidikan Multikultural. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Maksum, A. dan Ruhendi, L.Y. 2009. Paradigma Pendidikan Universal. Yogyakarta: IRCSod.
Naim, NG. & Sauqi, A. 2008. Pendidikan Multikultural, Konsep dan Aplikasi.Yogyakarta: Arruz Media Group.
Rosyada, D. 2004. Paradigma Pendidikan Demokratis, Sebuah Model Pelibatan Masyarakat dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sudjana. 1997. Strategi Pembelajaran. Bandung: Falah Production.
Sukarma, I.W. 2010.” Multikulturalisme dan Kesatuan Indonesia”, Dharmasmrti, Jurnal Ilmu Agama dan Kebudayaan Hindu, Vol.5-10-2011, Pascasarjana, UNHI Denpasar. p.112.
Suseno, Magnis. 2005. Berebut Jiwa Bangsa. Jakarta: Kompas.
Sutarno. 2008. Pendidikan Multikultural. Jakarta: Ditjen Dikti Depdiknas.
UU nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Tilaar, HAR.,2004. Multikulturalisme Tantangan-tantangan Global Masa Depan dalam Transformasi Pendidikan Nasional. Jakarta: Grasindo.
Zubaidi. 2004. Telaah Konsep Multikulturalisme dan Implementasinya dalam Dunia Pendidikan. Hermina Vol.3 no.1.p.77.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar).
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License