Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Pelaksanaan Pembelajaran Tematik-Integratif pada Kurikulum 2013 di Kota Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.26555/jpsd.v3i1.a5560Keywords:
Kesiapan Guru, Tematik-Integratif, Kurikulum 2013Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kesiapan pelaksanaan pembelajaran tematik-integratif berdasarkan aspek Emotive-Attitudeinal Readiness, Cognitive Readiness, dan Behavioral Readinessbagi bagi guru SD di Kota Yogyakarta terhadap penerapan Kurikulum 2013. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian survei. Populasi penelitian adalah guru kelas I dan IV yang terdapat di wilayah Kota Yogyakarta sebanyak 102 guru dengan sampel sebanyak 48 guru SD yang berasal dari 10 SD negeri dan 2 SD swasta yang dijadikan pilot project berdasarkan data dari Kemendikbud DIY.Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket kesiapan guru dan didukung dengan wawancara tertutup. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik persentase dengan data dibuat secara kategorikal. Hasil penelitan menunjukkan bahwa persentase kesiapan guru SD di Kota Yogyakarta dalam melaksanakan pembelajaran tematik-integratif pada Kurikulum 2013 dilihat dari aspek Emotive-Ettitudinal sebesar 80,75% (sangat siap), aspek Cognitive Readiness sebesar 73,78% (siap), dan aspek Behavioral Readiness diperoleh persentase sebesar 84,55% (sangat siap). Sehingga dapat disimpulkan bahwa guru sekolah dasar di Kota Yogyakarta sudah siap melaksanakan pembelajaran tematik-integratif.
References
Danim, S. (2010).Perkembangan peserta didik.Bandung: Alfabeta
Depdiknas.(2006). Strategi pembelajaran yang mengaktifkan siswa. Jakarta: Depdiknas.
______. (2000). Kamus besar bahasa indonesia. Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.
Feldman, S.R. (2012). Discovering the life span. USA: Pearson Prentice Hall.
Fogarty, R. (1991). How to integrate the curricula. Palatine: Skylight Publising Inc.
Hoover, J.J. (1990). Curriculum adaption: a five-step process for classroom implementation. Journal of Intervention in School and Clinic Vol 25:407.
Huber & Hutchings. (2008). Integrative Learning: Mapping The Terrain International. Journal for The Scholarship of Teaching & Learning Vol.2 No.1.
Irianto, Y B.(2011). Kebijakan pembaruan pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers
Kemdikbud.(2013). Kompetensi Dasar SD/MI Versi Maret 1.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar).
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License