STRATEGI PENGEMBANGAN HARGA DIRI ANAK USIA DINI
DOI:
https://doi.org/10.26555/jpsd.v3i1.a5486Keywords:
strategi, harga diri, anak usia diniAbstract
Masa usia dini adalah saat yang paling tepat untuk menanamkan karakter dan kepribadian anak. Salah satu aspek kepribadian yang penting untuk dikembangkan adalah harga diri. Seorang anak dengan harga diri yang tinggi mampu menampilkan dirinya sebagai pribadi yang menyenangkan, mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan, mandiri, aktif, berani mengemukakan pendapat, dan percaya diri.
Tulisan ini bermaksud untuk membahas tentang strategi pengembangan harga diri anak serta upaya-upaya konstruktif yang dilakukan bersama agar harga diri anak dapat berkembang dengan baik. Tulisan ini merupkan kajian literatur untuk menemukan formula baru tentang strategi pengembangan harga diri anak usia dini. Pembentukan harga diri merupakan sebuah proses yang berkesinambungan. Harga diri yang telah terbentuk pada usia dini akan memberikan pengaruh yang sangat signifikan terhadap perilaku kehidupan anak di kemudian hari. Sedemikian pentingnya pengembangan harga diri bagi setiap individu, maka perlu adanya kerjasama yang sinergis antara guru di sekolah dan orangtua.
References
Adhim, M. Fauzil. (2001). Bersikap Terhadap Anak. Yogyakarta: Titian Ilahi Press.
Al-Qur’an dan Terjemahan. (2012). Jakarta: PT Khazanah Mimbar Plus
Ariesandi S. (2008). Rahasia Mendidik Anak Agar Sukses dan Bahagia, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Branden N. (2005). The Power of Self-Esteem. New York: Bantam.
Burns RB. (1993). Konsep Diri: Teori, Pengukuran, Perkembangan dan Perilaku. Jakarta: Arcan.
Coopersmith, S. (1967). The Antecedents of Self Esteem. San Francisco, California: W.H. Freemen and Co.
Felker, D.W.(1974). Helping children to like themselves. Minneapolis: Burgess Publishing Company.
Johnson ,D.W. &Johnson, F.P. (1991). Joining Together: Group Theory & Group Skills, (4th Edition). New York: Prentice-Hall, Inc.
Marzuki, A. Choiran. (2004). Anak Saleh dalam Asuhan Ibu Muslimah. Yogyakarta: Mitra Pustaka.
Musbikin, Imam. (2004). Mendidik Anak Ala Shinchan. Yogyakarta: Mitra Pustaka. Papalia, E.Diane dkk. (2008). Human Development. Jakarta: Kencana,.9th edition
Papalia Olds Feldman. (2009). Human Development. Jakarta: Salemba Humanika.
Phelan, W. Thomas. (2009). 1-2-3 Magic, Cara Ajaib Mendisiplinkan Anak Umur 2-12 Tahun. Yogyakarta: Penerbit ANDI.
Santrock, John W. (2007). Perkembangan Anak. Jakarta: Penerbit Erlangga,
Stuart &Sundeen. (1991). Principle and Practice of Psychiatric Nursing. St. Louis: Mosty Company
Wagner, Tony. (2008).The Global Achievement Gap: Why Even Our Best Schools Don't Teach the New Survival Skills Our Children Need-and What We Can Do About It. New York: Basic Books
Verna Hildebrand. (1985). Guiding Your Children. Macmillan: Collier Macmillan Publishers.
Yustinus Semiun, OFM., (2006). Kesehatan Mental: Pandangan Umum Mengenai Penyesuaian Diri dan Kesehatan Mental serta Teori-teori yang Terkait. Yogyakarta: Penerbit Kanisius
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar).
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License