PENGUATAN LITERASI INFORMASI BERBASIS PERPUSTAKAAN BAGI PENINGKATAN MUTU AKADEMIK MAHASISWA PGMI IAIN CIREBON
DOI:
https://doi.org/10.26555/jpsd.v3i1.a5485Keywords:
informasi literasi, kualitas akademikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Bagaimana Program Penguatan Literasi Informasi Bagi mahasiswa PGMI IAIN Cirebon. 2) Implementasi Program Penguatan Literasi Informasi Berbasis Perpustakaan Bagi mahasiswa PGMI IAIN Cirebon. 3) Efektifitas Penguatan Literasi Informasi Berbasis Perpustakaan terhadap Peningkatan Mutu Akademik mahasiswa PGMI IAIN Cirebon.
Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan siklus: perencanaan, penerapan, observasi dan refleksi. Penelitia mengambil lokasi di S1 PGMI IAIN SNJ Cirebon dengan menggunakan metode sampel bertujuan. Pengambilan data menggunakan metode obserfasi, wawancara, kuesionair dan tes. Analisis data yang digunakan merupakan kombinasi antara pendekatan kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1)Unsur yang harus diperhatikan dalam melaksanakan program literasi informasi, yakni target atau sasaran, kebutuhan mahasiswa, metode yang akan digunakan, materi yang akan disampaikan, sumber daya manusia serta fasilitas teknologi yang mendukung. 2) Implementasi program penguatan literasi informasi berbasis perpustakaan ini terintegrasi dalam kegiatan belajar mengajar di kelas. 3) Terdapat peningkatan yang efektif terhadap nilai akademis mahasiswa PGMI setelah mereka diberikan tindakan program penguatan literasi informasi berbasis perpustakaan
References
Artana, I Ketut. 2003. “Perpustakaan, Masyarakat Dan Teknologi Informasi”. Dalam Jurnal Visi Pustaka Vol.5, No.2, Desember 2003 http://www.pnri.go.id/Lists/List%20Majalah%20Online/DispForm.aspx?ID=57 , diakses tanggal 10 Agustus 2015
Carr, Nicholas. 2011. The Shallows; Internet Mendangkalkan cara Berpikir Kita?. Bandung : Mizan
Farmer,Lesley S.J. and Henri, James. 2008. Information Literacy Assessment in K-12 Setting. Maryland: Scarecrow Press.
Godwin, Peter dan Jo Parker (Eds.). 2008. Information literacy meets Library 2.0. London : Facet Publishing.
http://www.bps. go.id/aboutus.php?booklet , diakses tanggal 30 Juli 2015
Indraijaya, Adam I. 1989. Perubahan dan Pengembangan Organisasi. Bandung : Sinar Baru.
Mikkelsen, B. 2001. Metode Penelitian Partisipatoris dan Upaya-upaya Pemberdayaan ; Sebuah Buku Pegangan Bagi Praktisi Lapangan, Terj : Matheos Nalle, Jakarta : Yayasan Obor Indonesia.
Mulyasa, E. 2009. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : Remaja Rosda Karya
Subagyo, P. Joko. 1991. Metodologi Penelitian dan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar).
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License