PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PKn MODEL COOPERATIVE TIPE TGT BERBASIS ATONG BAGI SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Aji Heru Muslim Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.26555/jpsd.v3i1.a5474

Keywords:

perangkat pembelajaran PKn, kooperatif tipe TGT, ATONG

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan karakteristik perangkat pembelajaran PKn model cooperative tipe TGT berabasis ATONG. Kompetensi dasar yang digunakan dalam pengembangan perangkat pembelajaran PKn menggunakan model cooperative tipe TGT berbasis ATONG yaitu menjelaskan pengertian dan pentingnya peraturan perundang-undangan tingkat pusat dan daerah. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D Thiagarajan, yang terdiri dari Define, Design, Develop, dan Desseminate. Jenis perangkat yang dikembangkan Silabus, RPP, LKS dan Media Pembelajaran. Uji kevalidan dilakukan oleh tiga pakar yang berkompeten untuk menilai kelayakan perangkat pembelajaran PKn. Data penelitian diperoleh dari hasil validasi pakar.

Hasil penelitian menunjukkan perangkat pembelajaran PKn model cooperative tipe TGT berbasis ATONG yang dikembangkan dinyatakan valid oleh validator, dengan skor rata-rata 93,33 untuk silabus, 95,23 untuk RPP, 100 untuk LKS, dan 97,62 untuk media pembelajaran. Hal ini berarti perangkat pembelajaran yang dikembangkan secara umum dinyatakan valid oleh pakar dan dapat digunakan.

References

BSNP. 2007. Standar Isi Kurikulum Tingkat Satuan Guru (KTSP) berdasarkan Permen No. 22 tahun 2006. Jakarta : Depdiknas

Depdiknas. 2008. Panduan Analisis Butir Soal. Jakarta: Depdiknas.

Majid, A. 2011. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung : Rosda Karya

Slavin. 2008. Cooperative Learning (Teori, Riset dan Praktik). Bandung: Nusa Media.

Thiagarajan, S., Semmel, D. S. dan Semmel, M. I. 1974. Instructional Development for Teacher of Exceptional Children. Bloomington: Indiana University.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivisme. Surabaya: Prestasi Pustaka

Widoyoko, S. Eko Putro. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran.Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Downloads

Published

2016-11-30

Issue

Section

Articles