PEMANFAATAN PROGRAM PADA PEMBELAJARAN SENI MUSIK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN NOTASI BALOK DAN NOTASI ANGKA SISWA
DOI:
https://doi.org/10.26555/jpsd.v2i2.a4953Keywords:
Program BaTa, Pembelajaran Seni Musik, Pemahaman Notasi Balok dan Notasi AngkaAbstract
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi memberikan kontribusi positif dalam dunia pendidikan, salah satu bentuk kontribusi tersebut ialah produk-produknya. Penggunaan teknologi sudah merupakan bagian dari pembelajaran dan terintegrasi dalam mata pembelajaran di sekolah. Dengan kemudahan yang diberikan oleh teknologi, maka siswa memiliki kesempatan dalam mengembangkan pembelajaran dengan cara yang lebih menarik dan bervariasi sesuai dengan gaya belajar masing-masing. Seni musik merupakan salah satu bidang keilmuan yang muncul di sekolah, dan salah satu materi yang diajarkan adalah penguasaan notasi balok dan angka. Kehadiran program BaTa (Balok to Angka) sebagai salah satu buah teknolgi dapat dimanfaatkan dalam membantu siswa dalam memahami notasi balok dan angka sebagai bahasa musik. Program BaTa merupakan program untuk menterjemahkan bentuk notasi, sehingga siswa memiliki pengalaman pribadi dalam mengenal bentuk, tempat, dan simbol notasi.
References
Badudu, JS. 2003. Kamus Kata- Kata Serapan Asing Dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.
Banoe, Pono. 2003. Kamus Musik. Yogyakarta: Kanisius.
Mudjilah, Sri Hanna. 1998. Teori Musik Dasar. Yogyakarta: Institut Keguruan Ilmu Pendidikan Yogyakarta
Prier, Edmund-Karl. 1991. Sejarah Musik Jilid 1. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi.
Supriadi, Muhammad. 2005. Pemrograman IC PPI 8255 Menggunakan Delphi. Yogyakarta: Andi.
Syafiq, Muhammad. 2003. Ensiklopedi Musik. Yogyakarta: Adicita
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar).
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License