PEMANFAATAN PROGRAM PADA PEMBELAJARAN SENI MUSIK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN NOTASI BALOK DAN NOTASI ANGKA SISWA

Authors

  • Ardian Arief Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

DOI:

https://doi.org/10.26555/jpsd.v2i2.a4953

Keywords:

Program BaTa, Pembelajaran Seni Musik, Pemahaman Notasi Balok dan Notasi Angka

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi memberikan kontribusi positif dalam dunia pendidikan, salah satu bentuk kontribusi tersebut ialah produk-produknya. Penggunaan teknologi sudah merupakan bagian dari pembelajaran dan terintegrasi dalam mata pembelajaran di sekolah. Dengan kemudahan yang diberikan oleh teknologi, maka siswa memiliki kesempatan dalam mengembangkan pembelajaran dengan cara yang lebih menarik dan bervariasi sesuai dengan gaya belajar masing-masing. Seni musik merupakan salah satu bidang keilmuan yang muncul di sekolah, dan salah satu materi yang diajarkan adalah penguasaan notasi balok dan angka. Kehadiran program BaTa (Balok to Angka) sebagai salah satu buah teknolgi dapat dimanfaatkan dalam membantu siswa dalam memahami notasi balok dan angka sebagai bahasa musik. Program BaTa merupakan program untuk menterjemahkan bentuk notasi, sehingga siswa memiliki pengalaman pribadi dalam mengenal bentuk, tempat, dan simbol notasi.

References

Badudu, JS. 2003. Kamus Kata- Kata Serapan Asing Dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.

Banoe, Pono. 2003. Kamus Musik. Yogyakarta: Kanisius.

Mudjilah, Sri Hanna. 1998. Teori Musik Dasar. Yogyakarta: Institut Keguruan Ilmu Pendidikan Yogyakarta

Prier, Edmund-Karl. 1991. Sejarah Musik Jilid 1. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi.

Supriadi, Muhammad. 2005. Pemrograman IC PPI 8255 Menggunakan Delphi. Yogyakarta: Andi.

Syafiq, Muhammad. 2003. Ensiklopedi Musik. Yogyakarta: Adicita

Downloads

Published

2016-09-04

Issue

Section

Articles