MENINGKATKAN MINAT BELAJAR ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI KELAS REGULER MELALUI MODEL PULL OUT DI SD N GIWANGAN YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.26555/jpsd.v2i2.a4952Keywords:
Minat belajar, Anak Berkebutuhan Khusus, Kelas Reguler, dan model Pull Out.Abstract
SD N Giwangan sebagai sekolah penyelenggara pendidikan inklusi dalam pengelolaan kelas belum mengakomodasi siswa ABK secara maksimal. Hal ini menyebabkan minat belajar siswa ABK di SD N Giwangan masih sangat rendah. Siswa ABK belum mendapatkan proses pembelajaran sesuai dengan kemampuannya. Hal demikian sangat menyulitkan siswa ABK dalam mengikuti proses pembelajaran di SD N Giwangan. Proses pembelajaran mengintegrasikan siswa reguler dengan siswa ABK. Kesulitan yang dihadapi oleh siswa ABK segera dicari solusinya melalui pengelolaan proses pembelajaran di semua kelas. Penerapan model Pull Out menjadi solusi. Cara penerapan model Pull Out yaitu siswa ABK dibawa belajar di kelas inklusi untuk memahamkan pengetahuan, ketrampilan, dan psikomotornya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yaitu mendeskripsikan minat belajar siswa ABK dengan menggunakan model Pull Out. Data diperoleh melalui metode observasi, wawancara, dan dokumen. Penelitian melalui 4 tahap yaitu : (1) perencanaan (planning),(2) tindakan (acting), (3) pengamatan (observing), dan (4) refleksi (reflekting). Subyek penelitian adalah 12 guru kelas dan 26 siswa ABK. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Pull Out dapat meningkatkan minat belajar siswa, hal ini dibuktikan dengan data yang diperoleh yaitu ada peningkatan yang signifikan pada kemampuan kognitif, ketrampilan, dan psikomotor siswa ABK. Berdasarkan data yang diperoleh disimpulkan bahwa model Pull Out mampu meningkatkan minat belajar siswa ABK karena kriteria keberhasilan sudah mencapai di atas 76%.References
Bandi Delphie. (2009). Psikologi Perkembangan (Anak Berkebutuhan Khusus). Klaten : PT Intan Sejati
___________. (2009). Bimbingan Perilaku Adaptif (Anak Dengan Hendaya Perkembangan Fungsional). Klaten: Intan Sejati
Bell Gredler, Margaret, E. (1994). Belajar dan Membelajarkan. Jakarta: Raja Grafindo
Dimyati. (1994). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Reneka Cipta
Dimyati. (2008). Humanisasi Pendidikan. Yogyakarta: Bumi Aksara
Direktorat PLB. (2010). Mengelola kelas Inklusif dengan Pembelajaran yang Ramah. Jakarta: Direktorat PLB
Gavin Ingham. (2009). Memotivasi Orang. Jakarta : Erlangga
Mudjito., dkk.(2012). Pendidikan Inklusif. Jakarta : Baduose Media
Mudjiyanto, dkk. (2013). Modul Pelatihan Pendidikan Inklusif. Jakarta: Kemendikbud.
Munif Chotib. (2009). Sekolahnya Manusia. Bandung: Mizan Pustaka
Moeslichatoen. (2004). Metode Pengajaran. Jakarta : Rineka Cipta
Moleong.(2009).Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya.
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Suharsimi. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara
UNESCO. (2006). Tulkit LIRP- Merangkul Perbedaan : Perangkat untuk Mengembangkan Lingkungan Inklusif Ramah terhadap Pembelajaran. Indonesia: IDPN Indonesia
UNESCO. (2007). Tulkit LIRP- Merangkul Perbedaan: Perangkat untuk Mengembangkan Lingkungan Inklusif Ramah terhadap Pembelajaran. Indonesia: IDPN Indonesia
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar).
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License