PENINGKATAN PARTISIPASI DAN PRESTASI BELAJAR PKn DENGAN MODEL PAKEM SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.26555/jpsd.v2i2.a4949Keywords:
Model Pembelajaran Pakem, Prestasi BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan Partisipasi dan Prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) melalui Model PAKEM pada siswa kelas V SD Negeri Turi 1 Sleman Semester 1 Tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD Negeri Turi 1 Sleman. Penelitian dengan menggunakan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas ( Classroom Action Research), dengan tiga siklus. Tehnik Pengumpulan Data dalam penelitian ini dengan menggunakan observasi, angket dan tes hasil belajar PKn. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman hasil belajar PKn. Tehnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif, dengan prosentasi. Model Pembelajaran aktif, Kreatif, Efektif, dan menyenangkan (PAKEM) dikatakan mampu meningkatkan Partisipasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn), apabila partisipasi telah mencapai > 80 %, dan dapat meningkatkan prestasi dengan nilai rata-rata 71,00 atau Kriteria Ketuntasan Minimal. Hasil Penelitian dalam tiga siklus menunjukkan bahwa partisipasi belajar dan prestasi belajar PKn dapat ditingkatkan melalui Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM), pada Siswa Kelas V SD Negeri Turi 1, Sleman, Semester 1 Tahun Pelajaran 2013/2014. Bukti peningkatan ditunjukkan dengan meningkatnya tingkat partisipasi belajar. Prestasi belajar pra siklus = 47%, siklus I = 63%, siklus II = 76% dan siklus III = 89%. Prestasi belajar PKn pra siklus = 64,86; siklus I = 66,97, siklus II = 66,84 dan siklus III = 82,10.
References
BNSP. (2006). Standar Isi. Jakarta. Depdiknas Dirjen Mendikdasmen.
Darmiyati, Zuchdi. (2011). Pendidikan Karakter. Yogyakarta: UNY Press.
Dimyati dan Modjiono. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Depdikbud. (1989). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Gunarso, Singgih D. (1980). Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grasindo.
Haryanto. (2007). Model Pembelajaran PAKEM Sekolah Dasar. Yogyakarta: Departemen Nasional Universitas Negeri Yogyakarta.
Isjoni. (2009). Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi antara Peserta Didik. Jakarta: Universitas Terbuka.
Kasbolah. (2001). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.
Nasih Ahmad Mujin dan Kholidah Lilij Nur. (2009). Metode dan Tehnik Pembelajaran. Bandung: Reflika Aditama.
Sardiman, A.M. (2005). Interaksi dan Motivasi Melajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo.
Sunarso. (2009). Pendidikan Kewarganegaraan Kelas 5 Sekolah Dasar. Bogor:Yudhistira.
Suharsini Arikunto. (2004). Prosedur Penelitian. Jakarta:Rineka Cipta.
Thursan Hakim. (2001). Belajar Secara Efektif. Jakarta: Puspa Swara.
Winkel, W.S. (1996). Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grasindo.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar).
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License