IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBIASAAN DI PONDOK PESANTREN PABELAN
DOI:
https://doi.org/10.26555/jpsd.v2i2.a4948Keywords:
Pendidikan karakter, Pembiasaan, dan Pondok Pesantren PabelanAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh suatu pengamatan di lapangan bahwa untuk menanamkan pendidikan karakter kepada anak didik ada beberapa proses yang harus diperhatikan oleh seorang pendidik, di antaranya adalah melalui proses pembiasaan. Di sini peneliti mengambil lokasi penelitian di Pondok Pesantren Pabelan dan tinggal selama lima belas hari untuk mengamati kegiatan dan aktifitas santri setiap hari. Untuk implementasi pendidikan karakter melalui pembiasaan tersebut peneliti bersama para santri ikut merasakan apa yang dilakukan kegiatan santri setiap harinya. Diantaranya diperoleh hasil pertama, santri membiasakan Salat fardhu lima waktu secara berjama`ah di masjid maupun di asrama. Kedua, santri membiasakan makan tepat waktu, santri membiasakan olah raga pagi hari sehabis Salat shubuh dan pembiasaan-pembiasaan yang lainnya.
References
Ahmad, Zainal Arifin, 2008, “K.H. Hamam Dja`far dan Manajemen Pendidikan Berbasis Masyarakat”, Ajip Rosidi (Ed.), Kiai Hamam Dja’far dan Pondok Pabelan:Kesaksian Santri, Kerabat, dan Sahabat, Jakarta: Dunia Pustaka Jaya.
al-Abrasyi, M. Athiyah, 1990, Attarbiyah al-Islamiyah, Terjmh. H. Bustami A. Gani dkk., Dasar-Dasar Pokok Pendidikan Islam, Jakarta: PT. Bulan Bintang.
Ali, Hamdani, 1990, Filsafat Pendidikan, Yogyakarta: PT. Kota Kembang.
Alwisol, 2009, Psikologi Kepribadian, Malang: UMM Press.
Amin, Ahmad Najib, “Bapak Saya, Kiai Hamam Dja`far”, Ajip Rosidi (Ed.), Kiai Hamam Dja’far dan Pondok Pabelan:Kesaksian Santri, Kerabat, dan Sahabat, Jakarta: Dunia Pustaka Jaya, 2008
An-Nahlawi, Abdurrahman, 1992, Prinsip-prinsip dan Metoda Pendidikan Islam dalam Keluarga, di Sekolah dan di Masyarakat, Bandung: CV. DIPONEGORO
Arief, Armai, 2002, Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, Ciputat Pers, Jakarta,
Arifin, H.M. 1995, Kapita Selekta Pendidikan (Islam dan Umum), Jakarta: Bumi Aksara,
Arikunto, Suharsimi, 2010, Manajemen Penelitian, Jakarta: Penerbit Rineka Cipta,
Armai, Arief, 2002, Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, Jakarta:PT Intermasa,
Bruinessen, Martin Van, 1995, Kitab Kuning Pesantren dan Tarekat, Bandung: Mizan,
Busyro, Muhammad, “Kiprah Pak Hamam”, Ajip Rosidi (Ed.), Kiai Hamam Dja’far dan Pondok Pabelan:Kesaksian Santri, Kerabat, dan Sahabat, Jakarta: Dunia Pustaka Jaya, 2008
Daulay, Haidar Putra, 2001, Historisitas dan Eksistensi Pesantren Sekolah dan Madrasah, Yogya: PT Tiara Wacana,
Dharma Kesuma, dkk., 2011, Pendidikan Karakter , Kajian Teori dan Praktek di Sekolah, Bandung: Penerbit : PT Remaja Rosdakarya,
Dhofier, Zamakhsyari, Mei 2011, Kyai Menatap Masa Depan, Makalah disampaikan pada acara Khaul satu Abad KH. Munawwir pendiri Pondok Pesantren Krapyak Yogyakarta.
Dhofier, Zamakhsyari, 1982, Tradisi Pesantren: Studi tentang Pandangan Hidup Kyai, Jakarta: LP3S.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar).
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License