FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN KOTA TAMBOLAKA

Authors

  • Heronimus Delu Pingge STKIP Weetebula
  • Muhammad Nur Wangid

DOI:

https://doi.org/10.26555/jpsd.v2i2.a4947

Keywords:

diagnosis kesulitan belajar, media belajar, mengelola kelas, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kompetensi guru sekolah dasar dalam mendiagnosis kesulitan belajar siswa, memanfaatkan media belajar dan mengelola kelas dengan hasil belajar di kecamatan Kota Tambolaka, NTT. Penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Populasi penelitian 241 orang guru. Sampel sejumlah 148 orang dengan teknik quota sampling. Pengumpulan data menggunakan metode kuisioner dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik regresi linear sederhana dan ganda.Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1) Hasil analisis regresi linear sederhana menunjukkan ada hubungan positif dan signifikan antara kompetensi guru sekolah dasar dalam mendiagnosis kesulitan belajar siswa dengan hasil belajar siswa (p<0,05; R2:24,8%,); (2) Hasil analisis regresi linear sederhana menunjukkan ada hubungan positif dan signifikan antara kompetensi guru sekolah dasar dalam memanfaatkan media belajar dengan hasil belajar siswa (p<0,05; R2:20,1%); (3) Hasil analisis regresi linear sederhana menunjukkan ada hubungan positif dan signifikan  antara kompetensi guru sekolah dasar dalam mengelola kelas dengan hasil belajar (p<0,05;R2: 24,6%); dan (4) Hasil analisis regresi linear ganda menunjukkan ada hubungan positif dan signifikan antara kompetensi guru sekolah dasar dalam mendiagnosis kesulitan belajar siswa, memanfaatkan media belajar dan mengelola kelas dengan peningkatan hasil belajar siswa (p<0,05; R2: 46,5%).

References

Abdurrahman, M. (2012). Anak Berkesulitan Belajar: Teori, Diagnosis dan remidiasinya. Jakarta: Rineka Cipta

Aqib, Z. (2013). Model-model, Media, dan Strategi pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya

Davis, R.W. (2010). Creative Teaching (Strategi Pengajaran Kreatif). Jakarta: Esensi Erlangga Group

Depdiknas. (2005). Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 Tahun 2005, tentang Standar Nasional Pendidikan.

Jaiyeoba, A. O. (2011). Primary School Teachers’ Knowledge of Primary Education Objectives and Pupils Development. The African Symposium: An online journal of the African Educational Research Network. Vol. 11, No. 1, 4-11

KBYU. (2010). Benefits of Media and the Learning Triangle: Learn how to combine children’s television, books, and hands-on activities to support your child’s learning. Diambil pada tanggal 18 Maret 2015, dari www.kbyutv.org. pdf

Marzano, R.J. (2013). Seni dan ilmu Pengjaran.

Jakarta: PT Indeks

Mavuso, M, F. (2014). Strategies for Facilitating Learning Support Processes. What can Teachers do Support Learners with Specific Learning Difficulties?. Mediterranean Journal of Social Sciences, Vol 5 No 2, 455-461

National Center for Learning Disabilities. (2014). The State of Learning Disabilities Facts, Trends and Emerging Issues. New York: National Center for Learning Disabilities

Naz, A. A., & Akbar, R.A (2008). Use of Media for Effective Instruction its Importance: Some Consideration. Journal of Elementary Education A Publication of Deptt. of Elementary Education IER, University of the Punjab.Vol. 18, 35-40

Oliver, R.M., Joseph H.W., & Daniel J. R. (2011). Teacher classroom management practices: effects on disruptive or aggressive student behavior. The Campbell Collaboration, Last updated: June 2011, 1-56

Oyinloye, G.O. (2010). Primary school teachers’ perception of Classroom Management And Its Influence On Pupils’ Activities. European Journal of Educational Studies, 2(3), 305-312

Riyanto,. & Heny, S. (2007). Variasi media dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar sains. Vorum Pendidikan, Volume 26 No 2, 120-127

Santrock, W, J. (2010), Psikologi Pendidikan.

Jakarta: Salemba Humanika

Soleh, A,. Made C,. & Ni. K,W. (2014). Pengaruh Pembelajaran Remedial

Downloads

Published

2016-10-12

Issue

Section

Articles