Studi Kurikulum Ilmu Sosial (IPS) di Sekolah Dasar di Indonesia, Malaysia dan Hongkong
DOI:
https://doi.org/10.26555/jpsd.v2i2.a4946Keywords:
perbandingan, ilmu sosial (IPS), sekolah dasar, Indonesia, Malaysia, Hong Kong.Abstract
Berdasarkan asumsi filosofis, studi banding subyektif tidak memandang realitas sebagai objek tunggal. Masalah epistemologis dan aksiologi menjadi pertimbangan penting dalam pendidikan komparatif. Mengetahui perbedaan dan perbandingan sistem eduational antara negara-negara ini dimaksudkan untuk mengetahui beberapa isu yang harus dipertimbangkan untuk sistem pendidikan. Sadar atau tidak sadar perbandingan yang dilakukan oleh manusia dalam hidup dan pengembangan pribadi, melalui citra diri dengan merefleksikan aspek kehidupan yang sama dari orang lain. Studi perbandingan pendidikan sebagai bagian dari bidang pendidikan memiliki manfaat faktual, terutama sebagai pertimbangan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di suatu negara. Dengan mempertimbangkan dan mempelajari keuntungan dari sistem pendidikan di negara-negara lain, seseorang dapat belajar banyak hal dari negara dan menggunakannya untuk kemajuan pendidikan di negara ini. Tujuan dari makalah ini adalah untuk melakukan studi banding ilmu sosial (IPS) di sekolah-sekolah dasar di Indonesia, Malaysia dan Hong Kong. Berdasarkan sejarah-sosiologi, tiga negara memiliki kemajuan yang berbeda dalam pendidikan, Indonesia dulunya collony Belanda, Malaysia dan Hong Kong yang sebelumnya koloni Inggris. Melalui pendekatan komparatif antara negara-negara, peningkatan pendidikan langsung atau tidak langsung akan memberikan manfaat untuk meningkatkan pendidikan nasional dan mudah-mudahan akan mengambil nilai positif dari negara-negara tertentu untuk mendukung upaya dalam meningkatkan kualitas edutaion nasional.
References
Assegaf, A. R., (2003). Internasionalisasi Pendidikan: Sketsa Perbandingan Pendidikan di Negara-Negara Islam dan Barat, Yogyakarta: Gama Media.
Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum, (2007). Naskah Akademik Kajian Kabijakan Kurukulum Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Barr, R., et.al., (1978). Hakekat Studi Sosial (The Natural of Social Studies), Saduran oleh Buchori Alma & M. Haslasgunawan Ap., Bandung: ALFABETA.
Belen, S., (2010). Sejarah Kurikulum SD di Indonesia, Jakarta: Puskur Kementrian Pendidikan Nasional.
Chapin, June R., & Messick, Rosemary G., (1989). Elementary Social Studies, A Practic al Guide, New York & London: Longman.
Depdikbud, (1976). Kerangka Program dan Dasar Metodik Pendidikan Moral Pancasila dalam Rangka Kurikulum 1975.
Embong, A.R., “The Role of Social Sciences in Malaysian National Development”, Akademika 70 (Januari), 2007: 145 -151.
Hasan, S. H., (2011). Pendidikan Sejarah: Orientasi dan Strategi Pedagogis, Makalah disampaikan pada Konferensi Nasional Sejarah IX, Hotel Bidakara Jakarta, 5 – 7 Juli 2011.
Hasan, S. Hamid, (tt.). Perkembangan Kurikulum: Perkembangan Ideologis dan Teoritik Pedagogis (1950 – 2005), Makalah, Online, www.geocities.ws/konferensinasionalsejarah/s_hamid_hasan.pdf. [diunduh 16/07/2013].
http://f4iqun.wordpress.com/2007/05/08/mengintip-malaysia-membangun-pendidikan-dasarnya/, Diunduh 16/07/2013.
http://ms.wikipedia.org/wiki/Pendidikan_di_Malaysia, diunduh 16/07/2013.
(http://ms.wikipedia.org/wiki/Geografi_Malaysia, diunduh 16/07/2013).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar).
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License