REVITALISASI KEARIFAN LOKAL DALAM PENDIDIKAN DASAR

Authors

  • Sularso Sularso Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.26555/jpsd.v2i2.a4728

Keywords:

Revitalisasi, Kearifan Lokal, Pendidikan Dasar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjawab persoalan (1) bagaimana wujud revitalisasi kearifan lokal di tingkat pendidikan dasar; (2) mengapa materi kearifan lokal diberikan pada pendidikan tingkat dasar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data diperoleh dari kajian pustaka dan observasi. Metode analisis data menggunakan metode analisis data kualitatif. Peneliti mencermati aspek pendidikan dasar dan kearifan lokal secara terminologis. Keduanya diletakkan sebagai satu kesatuan yang saling terhubung secara konseptual. Hubungan logis yang terbingkai secara konseptual tersebut selanjutnya dianalisis dan digunakan untuk menjawab persoalan yang telah diajukan. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa nilai kearifan lokal ditempatkan secara terintegral dengan seluruh materi pembelajaran. Alasan kearifan lokal penting diberikan pada tingkat pendidikan dasar agar peserta didik tidak kehilangan nilai dasar kulturalnya, tidak kehilangan akar sejarahnya serta memiliki wawasan dan pengetahuan atas penyikapan realitas sosial dan lingkungannya secara kultural.

References

Ahimsa-Putra, Heddy Shri. “Paradigma, Epistemologi dan Etnografi dalam Antropologi”. Makalah disampaikan dalam ceramah “Perkembangan Teori dan Metode Antropologi”, diselenggarakan oleh Departemen Antropologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Airlangga, di Surabaya, 6-7 Mei 2011.

Bachtiar, Harsya. W. 1985. “Konsesnsus dan Konflik dalam Sistem Budaya di Indonesia”, dalam Harsya. W. Bachtiar, Mattulada, Haryati Soebadio. Budaya dan Manusia Indonesia. Yogyakarta: Hanindita.

Colletta, Nat. J. dan Umar Kayam. 1987. Kebudayaan dan Pembangunan, Sebuah Pendekatan Terhadap Antropologi Terapan di Indonesia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Radcliffe, David. 1987. “Ki Hajar Dewantara dan Sekolah Taman Siswa: Catatan Mengenai Teori Pendidikan di Luar Sistem Penjajahan” dalam Colletta, Nat. J. dan Umar Kayam. Kebudayaan dan Pembangunan, Sebuah Pendekatan Terhadap Antropologi Terapan di Indonesia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Soetomo. 2012. Keswadayaan Masyarakat, Manifestasi Kapasitas Masyarakat untuk Berkembang secara Mandiri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Strauss, Anselm dan Corbin, Juliet. Dasar-dasar Penelitian Kualitatif, Tatalangkah dan Teknik-teknik Teoritisasi Data. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tilaar, H.A.R. 2015. Pedagogik Teoritis untuk Indonesia. Jakarta: Buku Kompas.

Downloads

Published

2016-09-14

Issue

Section

Articles