UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA DENGAN METODE PERMAINAN EDUKATIF DALAM MEMBUAT PANTUN SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH
DOI:
https://doi.org/10.26555/jpsd.v2i1.a2511Keywords:
game pendidikan, puisi, prestasi siswa, pembelajaran bahasa Indonesia.Abstract
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan permainan edukatif untuk meningkatkan prestasi siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia dalam menulis puisi untuk siswa kelas IV SD Muhammadiyah Bausasran. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Muhammadiyah Bausasran pada tahun akademik 2013/2014 yang terdiri dari 24 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, dan ada satu pertemuan di setiap siklus. Data dikumpulkan dengan melakukan observasi, wawancara, penyebaran kuesioner, dan memberikan tes (pre-test dan post-test). Penulis menggunakan teknik deskriptif kualitatif untuk menganalisis data dari hasil penelitian. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa penerapan permainan edukatif mampu meningkatkan prestasi siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia dalam menulis puisi untuk siswa kelas IV SD Muhammadiyah Bausasran. Hasil dapat dilihat dari nilai rata-rata pra-siklus adalah 66,75. Pada siklus I, nilai rata-rata prestasi siswa adalah 70,33. Sementara nilai rata-rata prestasi siswa pada siklus II adalah 78,91. Rata-rata prestasi siswa adalah meningkat dari siklus I adalah 3,58%, sedangkan peningkatan dari siklus I ke siklus II adalah 8,58%.
References
Alben, Ambarita. (2006). Manajemen Pembelajaran. Jakarta : Departemen Nasioanal Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Ketenagaan
Andang, Ismail. (2006).Education Games. Yogyakarta : Pilar Media
Dadan, Djuanda. (2006). Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Komunikatif Menyenangkan.Jakarta : Depdiknasdikti.
Darmadi, Kaswan&Nirbaya, Rita. (2008). Bahasa Indonesia 4. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
Indriyani,Umri Nuraini. (2008).Bahasa Indonesia untuk Kelas IV. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional
Maykes, Tedjosaputra S. (2001). Bermain Mainan dan Permainan. Jakarta : Grasindo.
Noname, (2008) Penulisan Pantun. Artikel. Diambil dari http://www.crayonpedia.org/mw/Penulisan Pantun 7.1 diakses pada tanggal 16 Juli 2014
Suharsimi, Arikunto,dkk.(2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara
Sunarto. (2009) Pengertian Prestasi Belajar. Artikel diambil dari http.//sunartombs.wordpress.com/2009/01/05/ Pengertian-Prestasi Belajar/. Diakses pada tanggal 18 Juli 2014
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana
Warsidi, Edi&Farika. (2008). Bahasa Indonesia Membuatku Cerdas untuk Kelas 5 SD Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar).
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License