ANALISIS NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA BUKU CERITA ANAK BUAH KETAMAKAN

Authors

  • Winda Irma Savitri Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.26555/jpsd.v8i1.a20717

Keywords:

nilai pendidikan karakter, buku cerita anak, buah ketamakan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang termuat pada buku cerita anak Buah Ketamakan. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan penelitian kualitatif yang memberikan gambaran mengenai analisis nilai pendidikan karakter yang terkandung pada cerita anak. Data penelitian ini adalah nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam buku cerita anak, beserta kesesuaiannya untuk anak-anak. Adapun sumber datanya adalah buku cerita anak Buah Ketamakan. Nilai pendidikan karakter yang terkandung pada buku cerita anak Buah Ketamakan meliputi (1) jujur, (2) toleransi, (3) setia, (4) bersahabat/komunikatif, (5) tanggung jawab, (6) menghargai prestasi, (7) peduli sosial. Kesesuaian nilai pendidikan karakter untuk anak sudah sesuai dengan karakter anak yang masih dalam tahap berkembang. Nilai pendidikan karakternya membantu membiasakan perilaku yang baik pada anak sejak dini, dan sebagai pendukung pembelajaran kemampuan berbahasa anak.

References

Baginda, M. 2018. Nilai-Nilai Pendidikan Berbasis Karakter Pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Jurnal Ilmiah Iqra', 8-9. DOI: 10.30984/jii.v10i2.593

Dwi Bahasa. 2016. Buah Ketamakan. Surabaya: Arkola

Gilang, L., Sihombing, R. M., & Sari, N. 2017. Kesesuaian Konteks dan Ilustrasi Pada Buku Bergambar Untuk Mendidik Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Karakter, VII(2), 158-160. DOI: 10.21831/jpk.v7i2.15799

Irmawati E. 2020. Pendidikan Karakter dalam Cerita Gadis Pengusaha Korek Api Karya Watiek Ideo. BELAJAR BAHASA: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(1). DOI: 10.32528/bb.v5i1.3034

Irma, C. N. 2018. Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Ibuk Karya Iwan Setyawan. RETORIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 11(1), 17-22. DOI: 10.26858/retorika.v11i1.4888

Khilmi, M., Sulistiani, I.R., & Dewi, M.S. 2020. Analisis Nilai Karakter yang Terkandung Pada Cerita Anak Berjenis Fabel Pada Buku Siswa Kelas 2 Tema 7 Sd/Mi Revisi 2017. Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 2(3), 51-53. Dari http://riset.unisma.ac.id/index.php/JPMI/article/download/7609/6116

Rohendi, E. 2016. Pendidikan Karakter di Sekolah. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru. DOI: 10.17509/eh.v3i1.2795

Downloads

Published

2021-05-06

Issue

Section

Articles