ANALISIS NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA BUKU CERITA ANAK BUAH KETAMAKAN
DOI:
https://doi.org/10.26555/jpsd.v8i1.a20717Keywords:
nilai pendidikan karakter, buku cerita anak, buah ketamakanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang termuat pada buku cerita anak Buah Ketamakan. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan penelitian kualitatif yang memberikan gambaran mengenai analisis nilai pendidikan karakter yang terkandung pada cerita anak. Data penelitian ini adalah nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam buku cerita anak, beserta kesesuaiannya untuk anak-anak. Adapun sumber datanya adalah buku cerita anak Buah Ketamakan. Nilai pendidikan karakter yang terkandung pada buku cerita anak Buah Ketamakan meliputi (1) jujur, (2) toleransi, (3) setia, (4) bersahabat/komunikatif, (5) tanggung jawab, (6) menghargai prestasi, (7) peduli sosial. Kesesuaian nilai pendidikan karakter untuk anak sudah sesuai dengan karakter anak yang masih dalam tahap berkembang. Nilai pendidikan karakternya membantu membiasakan perilaku yang baik pada anak sejak dini, dan sebagai pendukung pembelajaran kemampuan berbahasa anak.References
Baginda, M. 2018. Nilai-Nilai Pendidikan Berbasis Karakter Pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Jurnal Ilmiah Iqra', 8-9. DOI: 10.30984/jii.v10i2.593
Dwi Bahasa. 2016. Buah Ketamakan. Surabaya: Arkola
Gilang, L., Sihombing, R. M., & Sari, N. 2017. Kesesuaian Konteks dan Ilustrasi Pada Buku Bergambar Untuk Mendidik Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Karakter, VII(2), 158-160. DOI: 10.21831/jpk.v7i2.15799
Irmawati E. 2020. Pendidikan Karakter dalam Cerita Gadis Pengusaha Korek Api Karya Watiek Ideo. BELAJAR BAHASA: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(1). DOI: 10.32528/bb.v5i1.3034
Irma, C. N. 2018. Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Ibuk Karya Iwan Setyawan. RETORIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 11(1), 17-22. DOI: 10.26858/retorika.v11i1.4888
Khilmi, M., Sulistiani, I.R., & Dewi, M.S. 2020. Analisis Nilai Karakter yang Terkandung Pada Cerita Anak Berjenis Fabel Pada Buku Siswa Kelas 2 Tema 7 Sd/Mi Revisi 2017. Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 2(3), 51-53. Dari http://riset.unisma.ac.id/index.php/JPMI/article/download/7609/6116
Rohendi, E. 2016. Pendidikan Karakter di Sekolah. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru. DOI: 10.17509/eh.v3i1.2795
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar).
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License