DAMPAK PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING TERHADAP TINGKAT STRES ORANG TUA SD SELAMA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Rahmawati Wahyuningsih Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.26555/jpsd.v8i1.a20701

Keywords:

stres, orang tua, sekolah dasar, pembelajaran daring

Abstract

Pandemi COVID-19 yang menyerang dunia termasuk Indonesia mengakibatkan masyarakat harus tetap di rumah saja begitupun dengan kegiatan belajar mengajar. Kegiatan pembelajaran yang awalnya dilakukan di sekolah harus beralih ke pembelajaran daring. Pembelajaran daring menjadikan peran orang tua semakin bertambah yakni menjadi guru bagi anak-anak mereka khususnya bagi orang tua yang memiliki anak usia sekolah dasar. Namun tidak semua orang tua mampu untuk menggantikan peran guru di sekolah sehingga mengakibatkan terjinya parenting stress. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat stres orang tua yang memiliki anak usia sekolah dasar terhadap pembelajaran daring selama pandemi COVID-19. Penelitian ini merupakan penelitian studi kepustakaan yang merangkum dan menyajikan fakta dari berbagai literatur yang telah ada sebelumnya. Literatur yang digunakan berupa artikel jurnal di internet menggunakan database Google Scholar. Literatur yang digunakan dalam penelitian menggunakan bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Berdasarkan literatur-literatur yang telah di-review diperoleh bahwa pembelajaran daring selama pandemi COVID-19 mengakibatkan sebagian besar orang tua mengalami stres selama mendampingi anak mereka belajar di rumah khususnya bagi ibu yang bekerja.

References

Handayani, S. (2020). PENGUKURAN TINGKAT STRES DENGAN PERCEIVED STRESS SCALE 10: STUDI CROSS SECTIONAL PADA REMAJA PUTRI DI BATURETNO. Jurnal KEPERAWATAN GSH, 9(1), 1-6.

Listyanti, H., & Wahyuningsih, R. (2021). Manajemen Stres Orangtua Dalam Pendampingan Pembelajaran Daring. Literasi: Jurnal Kajian Keislaman Multi-Perspektif, 1(1), 23-48.

Muslim, M. (2020). Manajemen stress pada masa pandemi covid-19. ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis, 23(2), 192-201.

Nugrahani, S. (2015). Hubungan parenting stress dengan kecenderungan perilaku kekerasan terhadap anak (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG).

Palupi, T. N. (2020). Tingkat Stres pada Siswa-Siswi Sekolah Dasar dalam Menjalankan Proses Belajar di Rumah Selama Pandemi Covid-19. JURNAL PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN SDM, 9(2), 18-29.

Palupi, T. N. (2021). TINGKAT STRES IBU DALAM MENDAMPINGI SISWA-SISWI SEKOLAH DASAR SELAMA BELAJAR DI RUMAH PADA MASA PANDEMI COVID-19. JURNAL PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN SDM, 10(1), 36-48

Susilowati, E., & Azzasyofia, M. (2020). The Parents Stress Level in Facing Children Study From Home in the Early of COVID-19 Pandemic in Indonesia. International Journal of Science and Society, 2(3), 1-12.

Downloads

Published

2021-02-17

Issue

Section

Articles