PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.26555/jpsd.v8i1.a20303Keywords:
ARIAS, Hasil Belajar, MatematikaAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya hasil belajar matematika siswa yang masih rendah dan berada dibawah kriteria ketuntasan minimal, sehingga penulis tergerak untuk meneliti apa penyebab kelemahan tersebut sambil mengajukan solusi dengan menerapkan model pembelajaran ARIAS. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan penggunaan model pembelajaran ARIAS dengan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika siswa kelas II SD Labschool FIP UMJ. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan penggunaan model pembelajaran ARIAS terhadap hasil belajar matematika siswa kelas II SD Labschool FIP UMJ. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan uji T diperoleh nilai signifikan sebesar 0,000 dengan taraf signifikan sebesar 0.05. Maka 0,00 < 0.05 sehingga Ha ditolak dan Ha diterima yang bearti terdapat perbedaan antara penggunaan model pembelajaran ARIAS dengan penggunaan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika siswa kelas II Sekolah Dasar. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat kepada pihak-pihak terkait yang dapat memanfaatkannya seperti kepala sekolah, guru, orang tua dan siswa serta peneliti selanjutnya.
References
Adang, S. (2012). Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: Yayasan Kesuma Karya.
Aminah, N. (2016). Kepraktisan Model Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction (Arias) Pada Pembelajaran Matematika. Journal of Mathematics Education.
Efendi, K. (2016). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa dalam Penerapan Model Pembelajaran Arias (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Dan Satisfaction). JES-MAT (Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika). https://doi.org/10.25134/jes-mat.v2i2.343
Hasnah, H. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Arias (assurance, relevance, interest, assessment, satisfaction) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Menulis Karangan Narasi pada Siswa Kelas IV SDN 118 pinrang. Publikasi Pendidikan.
https://doi.org/10.26858/publikan.v5i3.1611
Haspar, H., Amin, B., & Azis, A. (2014). Penerapan Model Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevan, Interest, Assessment, Satisfaction) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Pada Peserta Didik Kelas VII SMP DH Pepabri Makassar. Jurnal Pendidikan Fisika Unismuh, 2(2).
Indrawan, I. K. M. ., Parwati, N. ., & Suryawan, I. P. P. (2019). Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Siswa melalui Pembelajaran Arias Berbantuan Geogebra. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 7(1), 7985.
https://doi.org/10.23887/jppm.v7i1.2820
Meristo, M., & Arias, F. J. L. (2021). Challenges In Teaching English For Specific Purposes in Estonian Universities. Journal of Teaching English for Specific. http://espeap.junis.ni.ac.rs/index.php/espeap/article/view/1070
Murniyetti, M., Engkizar, E., & Anwar, F. (2016). Pola Pelaksanaan Pendidikan Karakter Terhadap Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter. https://doi.org/10.21831/jpk.v6i2.12045
Nurhamidah, I. (2018). Problematika Kompetensi Pedagogi Guru Terhadap. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS.
Rafika, Y., Anggraini, W., & Fiah, R. El. (2019). Pembandingan Model Pembelajaran Mind Mapping dan Arias (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) Terhadap Pemahaman Konsep Fisika. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i2.4327
Rahman, M. & S. A. (2014). Model Pembelajaran ARIAS Terintegratif. PT. Prestasi Pustaka.
Subrata, I. M., & Rai, I. G. A. (2019). Penerapan Penilaian Autentik dalam Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Emasains: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 8(2), 96-203.
https://doi.org/10.5281/zenodo.3552023
Trahati, M. R. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Dasar Negeri Tritih Wetan 05 Jeruklegi Cilacap. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Utomo, E. P. (2018). Internalisasi Nilai Karakter Nasionalis dalam Pembelajaran IPS Untuk Membangun Jati Diri Ke-Indonesia-an. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 14(2), 95-102. https://doi.org/10.21831/socia.v14i2.18626
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar).
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License