ANALISIS KEAKTIFAN BELAJAR SISWA SELAMA PEMBELAJARAN DARING PADA MASA COVID-19 DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Syifa Tiara Naziah Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Luthfi Hamdani Maula Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Astri Sutisnawati Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.26555/jpsd.v7i2.a17327

Keywords:

Keaktifan Belajar Siswa, Pembelajaran Daring

Abstract

Keaktifan belajar siswa adalah kegiatan pembelajaran yang melibatkan siswa aktif secara langsung selama proses pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keaktifan belajar siswa selama pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. Jenis penelitian yang dilakukan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Padabeunghar, dan yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri Padabeunghar. Data kualitatif tersebut dianalisis menggunakan reduksi, kemudian disajikan, lalu penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh bahwa selama pembelajaran daring, keaktifan belajar siswa tidak sepenuhnya dapat dicapai sesuai dengan indikator keaktifan belajar. Hal ini diakibatnya karena adanya faktor kendala selama pembelajaran daring dilaksanakan seperti kurangnya alat peraga dan terbatasnya akses internet.

Author Biographies

Syifa Tiara Naziah, Universitas Muhammadiyah Sukabumi

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Luthfi Hamdani Maula, Universitas Muhammadiyah Sukabumi

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Astri Sutisnawati, Universitas Muhammadiyah Sukabumi

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Kharis, A. (2019). Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Model Pembelajaran Picture and Picture Berbasis IT pada Tematik. 2017, 173180.

Mzo, B. S. (2017). Implementasi Zoom, Google Classroom, Dan Whatsapp Group Dalam Mendukung Pembelajaran Daring (Online) Pada Mata Kuliah Bahasa Inggris Lanjut. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689-1699.

https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Riswani, E. F., & Widayati, A. (2012). Model Active Learning Dengan Teknik Learning Starts With a Question Dalam Peningkatan Keaktifan Peserta Didik Pada Pembelajaran Akuntansi Kelas Xi Ilmu Sosial 1 Sma Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(2), 121. https://doi.org/10.21831/jpai.v10i2.910

Suwardi, S., Firmiana, M. E., & Rohayati, R. (2016). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga terhadap Hasil Pembelajaran Matematika pada Anak Usia Dini. JURNAL Al-AZHAR INDONESIA SERI HUMANIORA, 2(4), 297. https://doi.org/10.36722/sh.v2i4.177

Yanti, M. T., Kuntarto, E., & Kurniawan, A. R. (2020). Pemanfaatan Portal Rumah Belajar Kemendikbud Sebagai Model Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Adi Widya Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 61-68. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Yunus, N. R., & Rezki, A. (2020). Kebijakan Pemberlakuan Lock Down Sebagai Antisipasi Penyebaran Corona Virus Covid-19. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(3). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i3.15083

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.

Sudjana, N. (2010). Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar

Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung Alfabeta.

Downloads

Published

2020-08-19

Issue

Section

Articles