PENGARUH PEMBELAJARAN STEAM TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA SISWA KELAS V MI HIDAYATUL MUBTADI'IN JAGALEMPENI
DOI:
https://doi.org/10.26555/jpsd.v7i2.a17280Keywords:
STEAM, Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran STEAM terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi. Pembelajaran STEAM merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang menggunakan lima komponen ilmu yaitu sains, teknologi, rekayasa, seni dan matematika. Proses pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, tes, dan dokumentasi. Metode penelitian ini menggunakan desain penelitian kuasi eksperimental dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas V MI Hidayatul Mubtadiin Jagalempeni dan sampel yang digunakan adalah kelas VA untuk kelas eksperimen dan kelas VB untuk kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknil purposive sample. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa yang diajar menggunakan pendekatan pembelajaran STEAM dengan siswa yang tidak diajar menggunakan pendekatan pembelajaran STEAM. Hal ini ditunjukan oleh rata-rata tes pada kelompok eksperimen sebesar 49.79 sedangkan pada kelompok kontrol diperoleh rata-rata tes sebesar 28.13, dengan selisih 14,729 sedangkan uji beda yang dilakukan menggunakan bantuan program SPSS versi 23, didapatkan nilai = 2,981 dengan signifikasi (p) = 0,005.dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang diajukan diterima, karena nilai t hitung (2,981) > dari nilai tabel (1,0129) dan nilai signifikasi<0,05.References
Apriliana, Mentari Reza. 2018. Pengembangan Soft Skill Peserta Didik melalui Pendekatan Science, Technology, Engineering, Arts and Mathematics (STEAM) dalam Pembelajaran Asam Basa. Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 8 (1), 42-51. DOI: https://doi.org/10.21009/JRPK.082.05
Anderson, Lorin W. & Krathwohl, David R. 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing : A Revision of Blooms Taxonomy of Educational Objectives. Longman, Inc. New York.
Ariyana, Yuki dkk. 2018. Buku Pegangan Pembelajaran Berorintasi Pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
Krathwohl, David R. 2002. A Revision of Blooms Taxonomy: An Overview. Theory Into Practice, 41(4), 212-218. DOI: https://doi.org/10.1207/s15430421tip4104_2
Brookhart, Susan M. 2010. How Assess Higher-Order Thingking Skills In Your Classroom.Alexandria, Virginia USA: ASCD
Conklin, Wendy. 2012. Higher Order Thingking Skill to developst century learnes.Huntingon Beach: Shell Education Publishing, Inc.
Hadinugrahaningsih, Triyatama. 2017. Keterampilan Abad 21 dan STEAM (science, technology, engineering, art and mathematics) Project Dalam Pembelajaran Kimia. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta
Martinez, E. Jaime. 2017. The Search for Method in STEAM Education. New York: New York Institute Of Technology
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses.
Retnawati, Heri. 2018. Desain Pembelajaran Matematika Untuk Melatihkan Higher Order Thingking Skill. Yogyakarta: UNY PRESS
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan Kuntitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA
Tohir, Muhammad. 2019. Hasil PISA Indonesia Tahun 2018 Turun Dibanding tahun 2015. DOI: 10.17605/OSF.IO/8Q9VY
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar).
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License