PENGARUH PEMBELAJARAN STEAM TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA SISWA KELAS V MI HIDAYATUL MUBTADI'IN JAGALEMPENI

Authors

  • Azka Nurmaisyah Mardlotillah
  • Suhartono Suhartono UNiversitas Negeri Malang
  • Dimyati Dimyati

DOI:

https://doi.org/10.26555/jpsd.v7i2.a17280

Keywords:

STEAM, Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran STEAM terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi. Pembelajaran STEAM merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang menggunakan lima komponen ilmu yaitu sains, teknologi, rekayasa, seni dan matematika. Proses pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, tes, dan dokumentasi. Metode penelitian ini menggunakan desain penelitian kuasi eksperimental dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas V MI Hidayatul Mubtadiin Jagalempeni dan sampel yang digunakan adalah kelas VA untuk kelas eksperimen dan kelas VB untuk kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknil purposive sample. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa yang diajar menggunakan pendekatan pembelajaran STEAM dengan siswa yang tidak diajar menggunakan pendekatan pembelajaran STEAM. Hal ini ditunjukan oleh rata-rata tes pada kelompok eksperimen sebesar 49.79 sedangkan pada kelompok kontrol diperoleh rata-rata tes sebesar 28.13, dengan selisih 14,729 sedangkan uji beda yang dilakukan menggunakan bantuan program SPSS versi 23, didapatkan nilai = 2,981 dengan signifikasi (p) = 0,005.dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang diajukan diterima, karena nilai t hitung (2,981) > dari nilai tabel (1,0129) dan nilai signifikasi<0,05.

References

Apriliana, Mentari Reza. 2018. Pengembangan Soft Skill Peserta Didik melalui Pendekatan Science, Technology, Engineering, Arts and Mathematics (STEAM) dalam Pembelajaran Asam Basa. Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 8 (1), 42-51. DOI: https://doi.org/10.21009/JRPK.082.05

Anderson, Lorin W. & Krathwohl, David R. 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing : A Revision of Blooms Taxonomy of Educational Objectives. Longman, Inc. New York.

Ariyana, Yuki dkk. 2018. Buku Pegangan Pembelajaran Berorintasi Pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Krathwohl, David R. 2002. A Revision of Blooms Taxonomy: An Overview. Theory Into Practice, 41(4), 212-218. DOI: https://doi.org/10.1207/s15430421tip4104_2

Brookhart, Susan M. 2010. How Assess Higher-Order Thingking Skills In Your Classroom.Alexandria, Virginia USA: ASCD

Conklin, Wendy. 2012. Higher Order Thingking Skill to developst century learnes.Huntingon Beach: Shell Education Publishing, Inc.

Hadinugrahaningsih, Triyatama. 2017. Keterampilan Abad 21 dan STEAM (science, technology, engineering, art and mathematics) Project Dalam Pembelajaran Kimia. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta

Martinez, E. Jaime. 2017. The Search for Method in STEAM Education. New York: New York Institute Of Technology

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses.

Retnawati, Heri. 2018. Desain Pembelajaran Matematika Untuk Melatihkan Higher Order Thingking Skill. Yogyakarta: UNY PRESS

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan Kuntitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA

Tohir, Muhammad. 2019. Hasil PISA Indonesia Tahun 2018 Turun Dibanding tahun 2015. DOI: 10.17605/OSF.IO/8Q9VY

Downloads

Published

2020-08-29

Issue

Section

Articles