PROBLEMATIKA DAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN IPS DI SD SE-KOTA PANGKALPINANG
DOI:
https://doi.org/10.26555/jpsd.v7i2.a17136Keywords:
problematika, pemanfaatan. media, IPSAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui masalah dan pemanfaatan media pembelajaran pada mata pelajaran IPS Sekolah Dasar di Kota Pangkalpinang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Yang menjadi subjek dalam penelitian adalah kepala sekolah, guru, dan siswa. Sekolah Dasar yang digunakan dalam penelitian meliputi 8 SD Negeri yang ada di Kota Pangkalpinang. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan menggunakan lembar observasi dan pedoman wawancara.
Hasil Penelitian menunjukkan yang menjadi masalah media pada mata pelajaran IPS sekolah dasar di Kota Pangkalpinang meliputi tidak tersedia ruang penyimpanan sehingga media rusak, hilang dan tidak terawat, serta keterbatasan wawasan guru dalam membuat dan teknik penggunaan media. Pemanfaatan media yang terdapat di sekolah dasar kota Pangkalpinang belum maksimal, karena ketersediaan media di masing-masing sekolah belum lengkap. Secara umum pemanfaatan media yang dilakukan oleh guru-guru di kota Pangkalpinang yaitu pemanfaatan media secara masal atau kelompok di depan kelas.
References
Arief S. Sadiman, dkk. 2009. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Press.
Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-undang RI No. 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Departemen Pendidikan Nasional, 2005. Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005, Tentang Guru dan Dosen, Jakarta: Depdiknas.
Departemen Pendidikan Nasional, 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 41 tahun 2007, tentang Standar Proses, Jakarta: Depdiknas.
Sapriya. 2014. Pendidikan IPS. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Satori, Djaman. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Alfabeta.
Sugiyono.2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.
________.2009, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta.
________.2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: ALFABETA
Sukmadinata, N.S. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosadakarya
Winataputra, U.S., dkk. 2011. Materi dan Pembelajaran IPS SD. Jakarta: Universitas Terbuka
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar).
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License