NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM SEJARAH PENURUNAN AL-QUR`AN SECARA BERTAHAP
DOI:
https://doi.org/10.26555/jpsd.v1i1.a1591Keywords:
Sejarah Quran, Wahyu, dan Nilai PendidikanAbstract
Pembahasan tentang sejarah singkat Quran akan membuka cakrawala baru bagi para ilmuwan yang ingin selalu mengkaji dan memahaminya dalam setiap kesempatan waktu yang ada. Disini dapat kita garis bawahi bahwa Quran merupakan wahyu Allah yang disampaikan kepada Nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril dari lauhul mahfud. Disamping itu juga, Quran merupakan sumber beberapa ilmu pengetahuan yang harus selalu digali dengan cermat dan mendalam, karena akan dapat memunculkan ilmu-ilmu baru setelah diadakan penelitian yang mendalam.
Diturunkannya Quran secara bertahap selama 23 tahun akan memberikan pembelajaran bagi umat Islam agar mudah dihafal dan dipahami dengan baik. Disamping itu, sebagai pelajaran bagi para ilmuwan untuk selalu mengikuti pada setiap kasus dilapangan yang dihadapi segera dapat ditemukan jawabannya dengan pasti dan benar. Sisi lain juga merupakan pedoman bagi seorang pendidik dalam menyampaikan suatu ilmu pengetahuan kepada siswa atau murid secara tahapan yang benar sesuai dengan tingkat usia pendidikannya.
References
Asikin. Muhammad, 2002, Pendidikan Matematika Pada Era Otonomi Daerah. Disampaikan dalam Seminar Nasional, Konferda Matematika DIY dan Jateng, di UNDIP, Semarang 9 Maret 2002
Darsono, M. (2000). Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Press.
Dimyati dan Mudjiono. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta
Mardiyono, Sugeng, 2001, Perkembangan dan Aplikasi Matematika di Mellenium
III, disampaikan dalam Seminar Nasional Konferda Matematika dan
DIY di UII Yogyakarta, 2 Februari 2001
Marpaung, 2001, Pendekatan konstektual dan Seni dalam Pembelajaran Matematika, Disampaikan dalam Seminar RME di USD Yogyakarta, 14-15 Nopember 2001
Soedjadi, 1990, Kerawanan Pengajaran Matematika di SD, Media Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan September 1990, hal 1-9
Uzer Usman M., 2001, Menjadi Guru Profesional, Remaja Rosdakarya, Bandung.
Wina Sanjaya, 2005, Pembelajaran dalam Implikasi Kurikulum BerbasisKompetensi, Prenada Media, Jakarta. www.malangkota.go.id dikses tanggal 24 mei 2009
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar).
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License