NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM SEJARAH PENURUNAN AL-QUR`AN SECARA BERTAHAP

Authors

  • Nur Hidayat Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.26555/jpsd.v1i1.a1591

Keywords:

Sejarah Quran, Wahyu, dan Nilai Pendidikan

Abstract

Pembahasan tentang sejarah singkat Quran akan membuka cakrawala baru bagi para ilmuwan yang ingin selalu mengkaji dan memahaminya dalam setiap kesempatan waktu  yang  ada. Disini dapat kita garis bawahi bahwa Quran merupakan wahyu Allah yang disampaikan kepada Nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril dari lauhul mahfud. Disamping itu juga, Quran merupakan sumber beberapa ilmu pengetahuan yang harus selalu digali dengan cermat dan mendalam, karena akan dapat memunculkan ilmu-ilmu baru setelah diadakan penelitian yang mendalam.

Diturunkannya Quran secara bertahap selama 23 tahun akan memberikan pembelajaran bagi umat Islam agar mudah dihafal dan dipahami dengan baik. Disamping itu, sebagai pelajaran bagi para ilmuwan untuk selalu mengikuti pada setiap kasus dilapangan yang dihadapi segera dapat ditemukan jawabannya dengan pasti dan benar. Sisi lain juga merupakan pedoman bagi seorang pendidik dalam menyampaikan suatu ilmu pengetahuan kepada siswa atau murid secara tahapan yang benar sesuai dengan tingkat usia pendidikannya.

References

Asikin. Muhammad, 2002, Pendidikan Matematika Pada Era Otonomi Daerah. Disampaikan dalam Seminar Nasional, Konferda Matematika DIY dan Jateng, di UNDIP, Semarang 9 Maret 2002

Darsono, M. (2000). Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Press.

Dimyati dan Mudjiono. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta

Mardiyono, Sugeng, 2001, Perkembangan dan Aplikasi Matematika di Mellenium

III, disampaikan dalam Seminar Nasional Konferda Matematika dan

DIY di UII Yogyakarta, 2 Februari 2001

Marpaung, 2001, Pendekatan konstektual dan Seni dalam Pembelajaran Matematika, Disampaikan dalam Seminar RME di USD Yogyakarta, 14-15 Nopember 2001

Soedjadi, 1990, Kerawanan Pengajaran Matematika di SD, Media Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan September 1990, hal 1-9

Uzer Usman M., 2001, Menjadi Guru Profesional, Remaja Rosdakarya, Bandung.

Wina Sanjaya, 2005, Pembelajaran dalam Implikasi Kurikulum BerbasisKompetensi, Prenada Media, Jakarta. www.malangkota.go.id dikses tanggal 24 mei 2009

Downloads

Published

2015-02-17

Issue

Section

Articles