PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENDIDIKAN AKHLAK DENGAN PROGRAM PREZI (Studi di SMP Muhammadiyah 2 Mlati Sleman Tahun Ajaran 2013-2014)
DOI:
https://doi.org/10.26555/jpsd.v1i1.a1589Keywords:
multimedia, pendidikan, akhlak, dan preziAbstract
Proses pembelajaran Pendidikan Akhlak di SMP Muhammadiyah 2 Mlati gurunya memiliki kendala dalam memotivasi semangat belajar siswa karena metode yang digunakan hanya ceramah. Buku pegangan untuk siswa kurang mencukupi sebab hanya ada satu buku ajar yang dipegang guru sehingga siswa hanya mencatat materi-materi yang diberikan oleh guru. Maka perlu adanya metode pembelajaran yang mengatasi problem tersebut yaitu multimedia pembelajaran interaktif pendidikan akhlak dengan program Prezi yang dikembangkan berdasarkan teori pengembangan Stephen M. Alessi dan Stanley R. Trollip. Prosesnya adalah meliputi perencanaan, desain, dan pengembangan. Hasil penelitian ini yaitu produk multimedia pembelajaran interaktif pendidikan akhlak telah layak digunakan di lapangan dan dapat meningkatkan prestasi peserta didik.
References
Arief, Armai. 2002.Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. (Jakarta: Ciputat Pers)
Arifin, M. 1966. “Ilmu Pendidikan Agama Islam”, (Jakarta: Bumi Aksara) dalam Arief, Armai. 2002. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. (Jakarta: Ciputat Pers)
Asnawir dan Basyiruddin Usman. 2002. Media Pembelajaran. (Jakarta: Ciputat Pers)
Muqowim. 2012.Soft Skills Guru. (Yogyakarta: Insan Madani)
Observasi mini riset tanggal 11 Januari 2012
sampai 20 Oktober 2013 di SMP Muhammadiyah 2 Mlati Sleman
Prezi, http://id.wikipedia.org/wiki/Prezi diakses tanggal 1 Januari 2014
Roestiyah,. 1991. Strategi Belajar Mengajar, Salah Satu Unsur Pelaksanaan Strategi Belajar Mengajar: Teknik Penyajian (Jakarta: Rineka Cipta)
Solihin dan M. Rosyid Anwar, M. 2005. Akhlak Tasawuf: Manusia, Etika, dan Makna Hidup. (Bandung: Nuansa)
Sugiyono. 2009.Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. (Bandung:Alfabeta)
Sukardjo. 2005. “Evaluasi pembelajaran: Diktat mata kuliah evaluasi
pembelajaran”. (Prodi TP PPs UNY: Tidak diterbitkan, 2005) dalam
Nyoman Mardika,I. Pengembangan Multimedia Dalam Pembelajaran
Kosakata Bahasa Inggris Di SD dalam http://mardikanyom.tripod.com/Multimedia.pdf . Diakses tanggal 26
Oktober 2013.
Sutrisno. 2005. Revolusi Pendidikan di Indonesia: Membedah Metode dan Teknik Pendidikan Berbasis Kompetens. (Yogyakarta: Ar Ruzz)
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Wawancara mini riset dengan Arwiti Nur Hidayah, S.Pd.I, Guru Pendidikan Akhlak SMP Muhammadiyah 2 Mlati, pada tanggal 28 September 2013
Windura, Sutanto. 2008.Mind Map Langkah Demi Langkah: Cara Paling Mudah dan Benar Mengajarkan dan Membiasakan Anak Menggunakan Mind Map Untuk Meraih Prestasi. (Jakarta: PT Elex Media Komputindo)
Yaumi, Muhammad. 2012. Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences, (Jakarta: Dian Rakyat)
Zyainuri dan Eko Marpanaji. 2012. “Penerapan E-Learning Moodle untuk pembelajan siswa yang melaksanakan prakerin”, Jurnal Pendidikan Vokasi: Asosiasi Dosen dan Guru Vokasi Indosesia dan Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta, Volume 2, Nomor 3, November 2012
Muqowim. 2012.Soft Skills Guru. (Yogyakarta: Insan Madani)
Observasi mini riset tanggal 11 Januari 2012 sampai 20 Oktober 2013 di SMP Muhammadiyah 2 Mlati Sleman
Prezi, http://id.wikipedia.org/wiki/Prezi diakses tanggal 1 Januari 2014
Roestiyah,. 1991. Strategi Belajar Mengajar, Salah Satu Unsur Pelaksanaan Strategi Belajar Mengajar: Teknik Penyajian (Jakarta: Rineka Cipta)
Solihin dan M. Rosyid Anwar, M. 2005. Akhlak Tasawuf: Manusia, Etika, dan Makna Hidup. (Bandung: Nuansa)
Sugiyono. 2009.Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. (Bandung: Alfabeta) Sukardjo. 2005. “Evaluasi pembelajaran: Diktat mata kuliah evaluasi pembelajaran”. (Prodi TP PPs UNY: Tidak diterbitkan, 2005) dalam Nyoman Mardika,I. Pengembangan Multimedia Dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Di SD dalam http://mardikanyom.tripod.com/Multimedia.pdf . Diakses tanggal 26 Oktober 2013.
Sutrisno. 2005. Revolusi Pendidikan di Indonesia: Membedah Metode dan Teknik Pendidikan Berbasis Kompetens. (Yogyakarta: Ar Ruzz)
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Wawancara mini riset dengan Arwiti Nur Hidayah, S.Pd.I, Guru Pendidikan Akhlak SMP Muhammadiyah 2 Mlati, pada tanggal 28 September 2013
Windura, Sutanto. 2008.Mind Map Langkah Demi Langkah: Cara Paling Mudah dan Benar Mengajarkan dan Membiasakan Anak Menggunakan Mind Map Untuk Meraih Prestasi. (Jakarta: PT Elex Media Komputindo)
Yaumi, Muhammad. 2012. Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences, (Jakarta: Dian Rakyat)
Zyainuri dan Eko Marpanaji. 2012. “Penerapan E-Learning Moodle untuk pembelajan siswa yang melaksanakan prakerin”, Jurnal Pendidikan Vokasi: Asosiasi Dosen dan Guru Vokasi Indosesia dan Program
Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta, Volume 2, Nomor 3,
November 2012
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar).
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License