FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PGSD FKIP UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN
DOI:
https://doi.org/10.26555/jpsd.v1i1.a1558Keywords:
Minat, Dukungan Orang Tua, Peluang Kerja, dan Motivasi Belajar Mahasiswa PGSD UADAbstract
Program Studi PGSD di FKIP UAD termasuk Prodi baru Universitas Ahmad Dahlan. Meskipun terbilang baru berdiri, namun animo mahasiswa untuk memasuki Prodi ini sangat besar. Pada tahun pertama membuka dua 3 kelas dan pada tahun ke dua meningkat menjadi enam kelas. Animo memasuki Prodi PGSD ini menarik untuk dilakukan penelitian tentang faktor-faktor yang mendasari motivasi belajar mahasiswa di PGSD UAD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar mahasiswa FKIP UAD di Program Studi PGSD. Secara khusus tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh minat, dukungan orang tua, peluang kerja terhadap motivasi belajar mahasiswa PGSD UAD. Penelitian ini termasuk jenis penelitian survey dengan subjek penelitian berjumlah 100 mahasiswa PGSD angkatan pertama. Variabel dalam penelitian ini ada tiga variabel bebas (minat, dukungan orang tua, peluang kerja) dan satu variabel terikat (motivasi belajar). Teknik pengumpulan data menggunakan questionary dengan instrumen berupa angket tertutup berskala likert. Analisis data yang digunakan dengan analisis statistikdiskriptif dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara minat dengan motivasi belajar mahasiswa PGSD tahun 2011/2012 dengan nilai t hitung 4,554 dan terdapat pengaruh antara dukungan orang tua dengan motivasi belajar mahasiswa PGSD tahun 2011/2012 dengan nilai t hitung 4,551.Hal ini juga mengindikasikan bahwa semakin tinggi minat dan dukungan orang tua maka motivasi belajar yang dimiliki juga semakin tinggi.Sedangkan untuk variabel peluang kerja tidak menunjukkan pengaruh terhadap motivasi belajar mahasiswa PGSD tahun 2011/2012 dengan nilai t hitung 1,446. Hal ini mengindikasikan bahwa peluang kerja tidak menjadi bagian yang dapat memotivasi belajar para mahasiswa.
References
Barnett, Tim. 2011. Reinforcement theory. Diambil pada tanggal 11 Juni 2011, dari http://www.enotes.com/management-encyclopedia/reinforcement-theory Chapman, a. . 2001. Adams' equity theory. Diambil pada tanggal 11 Juni 2011, dari http://www.cdrcp.com/pdf/Equity%20Theory%20on%20 Job%20Motivation.pdf
___________, b. (2001). Maslow's hierarchy of needs. Diambil pada tanggal 11 Juni 2011, dari http://pa341.rcopper. com/files/ Abraham_ Maslow_Hierarchy_of_ Needs.pdf
Depdiknas. 2003. Undang-Undang RI Nomor 20, tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional
Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.
Elida Prayitno. 1989. Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Bandung : Rosdakarya.
Hamalik, Oemar. 1992. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.
IRCO. (2007). Cross-cultural management network. Diambil pada tanggal 11 Juni 2011, dari http://www.iese.edu/es/files/IRCO-CrossCulturalmotivation_tcm5-6119.pdf
Masri Singarimbun dan Sofyan Efendi. 1989. Metode Penelitian Survai. Jakarta : LP3ES.
Ngalim Purwanto. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung : Rosdakarya.
Sardiman. 1996. Interaksi dan Motivasi Belajar mengajar. Jakarta : Raja Grafindo Persada
Shalahudin. Mahfudh. 1990. Pengantar Psikologi Pendidikan. Surabaya: PT Bina Ilmu
Sondang P. Siagan. 2004. Teori Motivasi dan Aplikasinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Suharsimi Arikunto. 1996. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT Rineka Cipta.
W.J.S Poerwodarminto 2007. Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka
Walgito, Bimo. 1994. Psikologi Sosial. Yogyakarta : Andi Offset
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar).
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License