PENTINGNYA MEMAHAMI KESULITAN BELAJAR PADA SISWA : STUDI KASUS DI SD MUHAMMADIYAH KARANGWARU YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.26555/jpsd.v7i1.a15453Keywords:
Kesulitan Bselajar, SiswaAbstract
Dalam kegiatan pembelajaran, tidak menutup kemungkinan adanya siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar, bahkan siswa yang mengalami kesulitan belajar sering di labeli bodoh oleh orang yang berada di sekitarnya. Dalam penelitian ini penulis mengembanagkan Tes Skala Kesulitan Belajar V.1.1 untuk mendiagnosa kesulitan belajar yang dialami siswa. Penelitian ini ini merupakan penelitian lapangan berupa studi kasus. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes Draw a Person-IQ, dan tes Skala Kesulitan Belajar V.1.1. Dari hasil observasi proses pembelajaran serta wawancara dengan wali kelas, diperoleh data di kelas II SD Muhammadiyah Karangwaru terdapat siswa berinisial FI yang seringkali melamun dan kurang bisa mengerjakan tugas yang diberikan. Hal ini berdampak pada nilai akademik ananda yang cenderung lebih rendah dibandingkan teman-teman sekelasnya. Setelah mengidentifikasi kesulitan belajar siswa menggunakan tes Skala Kesulitan Belajar V.1.1, Dalam kasus siswa FI, ditemukan bahwa ia mengalami kesulitan belajar di bidang membaca dan menulis.References
Arends, R. I. (2014). Learning to teach. McGraw-Hill.
Baharuddin. (2014). Pendidikan dan Psikologi Perkembangan (V). Ar-Ruzz.
Burns, P. C., Roe, B. D., & Ross, E. P. (1984). Teaching Reading in Todays Elementary Schools. Houghton Mifflin Co.
Djamarah, S. B. (2008). Psikologi Belajar. Rineka Cipta.
Hurlock, E. B. (Elizabeth B., Istiwidayanti, Sijabat, R. M., & Soedjarwo. (2005). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Erlangga, Jakarta.
Idris, R. (2009). Mengatasi Kesulitan Belajar Dengan Pendekatan Psikologi Kognitif. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 12(2), 152-172. https://doi.org/10.24252/lp.2009v12n2a3
Pingge, H. D., Wangid, M. N., & Weetebula, S. (2016). Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Di Kecamatan Kota Tambolaka. 2(1), 22.
Rohmanurmeta, F. M., & Farozin, Muh. (2016). Pengaruh Pengaturan Tempat Duduk terhadap Motivasi dan Hasil Belajar pada Pembelajaran Tematik Integratif. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 9(1). https://doi.org/10.21831/jpipfip.v9i1.10691
Runtukahu, J. T., & Kandou, S. (2016). Pembelajaran Matematika Dasar bagi Anak Berkesulitan Belajar. Ar-Ruuz Media.
Santrock, J. W. (2008). Life-Span Development. McGraw-Hill Higher Education.
Setiyadi, B. R., & Ramdani, S. D. (2016). Perbedaan Pengaturan Tempat Duduk Siswa pada Pembelajaran Saintifik di SMK. 16.
Yulinda Erma Suryani. (2010). KESULITAN BELAJAR. Magistra, XXII(73 Th).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar).
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License