REORIENTASI PENDIDIKAN SEKS TERHADAP ANAK USIA REMAJA DI SEKOLAH (Memadukan Sains dan Agama dalam Pembelajaran)

Authors

  • Anji Fathunaja Pengasuh PA/PP Daarus Selamat Turi, Sleman

DOI:

https://doi.org/10.26555/jpsd.v1i1.a1526

Keywords:

Reorientasi, Pendidikan Seks, Sekolah

Abstract

Seks adalah kebutuhan yang secara alami melekat pada setiap manusia, tidak terkecuali para remaja. Sudah seharusnya sekolah memberikan jawaban bagi kebutuhan seksual remaja agar tidak menyimpang. Akan tetapi, sekolah saat ini hanya sebatas memberikan pengetahuan tanpa kesadaran akan nilai dan norma dalam seks. Sehingga yang terjadi adalah pelanggaran-pelangaran seks dan penyalahgunaan alat-alat keamanan seks sebagai cara aman melakukan seks. Penelitian ini berusaha untuk menemukan titik permasalahan dalam pendidikan seks yang belum mampu memberikan dampak yang signifikan pada peserta didik. Pendidikan seks yang diberikan secara terpisah-pisah menyebabkan sekat dalam pemahaman peserta didik. Pendidikan seks semestinya disampaikan secara terpadu antara agama dan sains sehingga tidak menimbulkan dikotomi pemahaman. Diharapkan setiap peserta didik tidak hanya mampu mengetahui seks (sains) namun juga menyadari nilai dan norma seks (agama).

Downloads

Published

2015-02-06

Issue

Section

Articles