KETERLAKSANAAN ASPEK LANDASAN PENDIDIKAN DI SD NEGERI PUREN

Authors

  • Rizqa Noor Izzatunnisa Yogyakarta State University
  • Tangguh Junior Riosaputra Yogyakarta State University
  • Novida Zahrotul Kusnaning Tyas Yogyakarta State University
  • Alfianita Ayu Larasati Yogyakarta State University
  • Nurul Hafizhah Bahsaf Yogyakarta State University
  • Eni Safitri Yogyakarta State University

DOI:

https://doi.org/10.26555/jpsd.v7i1.a15023

Keywords:

Landasan Pendidikan, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan aspek landasan pendidikan di Sekolah Dasar Negeri Puren. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Aspek landasan melalui pengamatan adalah, sebagai berikut: landasan filosofis, landasan teoritis, dan landasan pedagogis, serta landasan yuridis, landasan sosiokultural juga landasan psikologis. Pembelajaran yang kita observasi pada kelas rendah yaitu kelas II SD dan untuk kelas tinggi yaitu kelas IV SD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, keterlaksaanaan aspek landasan pendidikan sudah sebagian lebih diterapkan. Landasan filosofis yang digunakan berpedoman pada Pancasila dengan kurikulum 2013 sebagai landasan pendidikan SD. Selanjutnya, landasan teoritis menanamkan teori kognitivisme dalam pembelajaran. Kemudian, landasan pedagogis, guru kurang dalam membelajarkan siswa misalnya dengan media pembelajaran. Lalu, landasan yuridis dalam penerapannya, siswa sangat patuh dalam tata tertib di sekolah. Landasan sosiokultural yang diterapkan dengan menggunakan bahasa Jawa Krama berlaku seluruh warga SD Negeri Puren. Kemudian, perangkingan tidak diterapkan, hal tersebut karena akan mengganggu tingkat psikologis siswa, sehingga siswa tidak mudah berkembang.

Author Biographies

Rizqa Noor Izzatunnisa, Yogyakarta State University

I am a 3rd semester student, with a Primary School Teacher Education study program. This journal article as one of the tasks of the Foundation Education course in Elementary Schools.

Tangguh Junior Riosaputra, Yogyakarta State University

I am a 3rd semester student, with a Primary School Teacher Education study program. This journal article as one of the tasks of the Foundation Education course in Elementary Schools.

Novida Zahrotul Kusnaning Tyas, Yogyakarta State University

I am a 3rd semester student, with a Primary School Teacher Education study program. This journal article as one of the tasks of the Foundation Education course in Elementary Schools.

Alfianita Ayu Larasati, Yogyakarta State University

I am a 3rd semester student, with a Primary School Teacher Education study program. This journal article as one of the tasks of the Foundation Education course in Elementary Schools.

Nurul Hafizhah Bahsaf, Yogyakarta State University

I am a 3rd semester student, with a Primary School Teacher Education study program. This journal article as one of the tasks of the Foundation Education course in Elementary Schools.

Eni Safitri, Yogyakarta State University

I am a 3rd semester student, with a Primary School Teacher Education study program. This journal article as one of the tasks of the Foundation Education course in Elementary Schools.

References

Ainuddina, Rika. 2017. Landasan Pedagogis sebagai Salah Satu Dasar Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar. http://rizkaainud.blogs.uny.ac.id/wp- content/uploads/sites/15429/2017/10/LANDASAN-PEDAGOGIS-SEBAGAI-SALAH- SATU-DASAR-PROSES-PEMBELAJARAN-DI-SEKOLAH-DASAR.pdf (Diakses pada Senin, 19 Desember 2019, Pukul 13.41WIB).

Ali Mustadi, dkk. 2018. Landasan Pendidikan Sekolah Dasar. Yogyakarta: UNY Press.

Evangelista, Rosi. 2013. Landasan Sosiokultural. https://www.scribd.com/doc/141555708/LANDASAN-SOSIOKULTURAL (Diakses pada Kamis, 19 Desember 2019, Pukul 12.44 WIB).

http://repository.unpas.ac.id/30191/5/BAB 202.pdf (Diakses pada Sabtu, 14 Desember 2019, Pukul 14.19 WIB).

https://eprints.uny.ac.id/8496/3/BAB 202-07206244028.pdf (Diakses pada Kamis, 19 Desember 2019, Pukul 13.36 WIB).

Nur Utami, Kustiwi dan Ali Mustadi. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Tematik dalam Peningkatan Karakter, Motivasi, dan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter. Tahun VII, Nomor 1, April 2017. (https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/15492). (Diakses pada Senin, 9 Desember 2019, Pukul 22.44 WIB).

Suyitno, Y. 2009. Landasan Filosofis Pendidikan. http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PEDAGOGIK/195009081981011- Y._SUYITNO/LANDASAN_FILOSOFIS_PENDIDIKAN_DASAR.pdf (Diakses pada Kamis, 19 Desember 2019, Pukul 13.31 WIB).

Wahyu Setyawan, Wawan dan Ali Mustadi. 2015. Pengembangan SSP Tematik-Integratif untuk Membangun Karakter Disiplin dan Kreatif Siswa Kelas I SD. Jurnal Prima Edukasia. Volume 3-Nomor 1, 2015. (https://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/article/view/4072). (Diakses pada Senin, 9 Desember 2019, Pukul 22.17 WIB).

Wangid, Muhammad Nur, dkk. 2014. Kesiapan Guru SD dalam Pelaksanaan Pembelajaran Tematik- Integratif pada Kurikulum 2013 di DIY. Jurnal Prima Edukasia. Volume 2-Nomor 2, 2014. (https://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/article/view/2717) (Diakses pada Senin, 9 Desember 2019, Pukul 22.48 WIB).

Downloads

Published

2020-02-11

Issue

Section

Articles