KETERLAKSANAAN ASPEK LANDASAN PENDIDIKAN DI SD NEGERI PUREN
DOI:
https://doi.org/10.26555/jpsd.v7i1.a15023Keywords:
Landasan Pendidikan, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan aspek landasan pendidikan di Sekolah Dasar Negeri Puren. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Aspek landasan melalui pengamatan adalah, sebagai berikut: landasan filosofis, landasan teoritis, dan landasan pedagogis, serta landasan yuridis, landasan sosiokultural juga landasan psikologis. Pembelajaran yang kita observasi pada kelas rendah yaitu kelas II SD dan untuk kelas tinggi yaitu kelas IV SD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, keterlaksaanaan aspek landasan pendidikan sudah sebagian lebih diterapkan. Landasan filosofis yang digunakan berpedoman pada Pancasila dengan kurikulum 2013 sebagai landasan pendidikan SD. Selanjutnya, landasan teoritis menanamkan teori kognitivisme dalam pembelajaran. Kemudian, landasan pedagogis, guru kurang dalam membelajarkan siswa misalnya dengan media pembelajaran. Lalu, landasan yuridis dalam penerapannya, siswa sangat patuh dalam tata tertib di sekolah. Landasan sosiokultural yang diterapkan dengan menggunakan bahasa Jawa Krama berlaku seluruh warga SD Negeri Puren. Kemudian, perangkingan tidak diterapkan, hal tersebut karena akan mengganggu tingkat psikologis siswa, sehingga siswa tidak mudah berkembang.References
Ainuddina, Rika. 2017. Landasan Pedagogis sebagai Salah Satu Dasar Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar. http://rizkaainud.blogs.uny.ac.id/wp- content/uploads/sites/15429/2017/10/LANDASAN-PEDAGOGIS-SEBAGAI-SALAH- SATU-DASAR-PROSES-PEMBELAJARAN-DI-SEKOLAH-DASAR.pdf (Diakses pada Senin, 19 Desember 2019, Pukul 13.41WIB).
Ali Mustadi, dkk. 2018. Landasan Pendidikan Sekolah Dasar. Yogyakarta: UNY Press.
Evangelista, Rosi. 2013. Landasan Sosiokultural. https://www.scribd.com/doc/141555708/LANDASAN-SOSIOKULTURAL (Diakses pada Kamis, 19 Desember 2019, Pukul 12.44 WIB).
http://repository.unpas.ac.id/30191/5/BAB 202.pdf (Diakses pada Sabtu, 14 Desember 2019, Pukul 14.19 WIB).
https://eprints.uny.ac.id/8496/3/BAB 202-07206244028.pdf (Diakses pada Kamis, 19 Desember 2019, Pukul 13.36 WIB).
Nur Utami, Kustiwi dan Ali Mustadi. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Tematik dalam Peningkatan Karakter, Motivasi, dan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter. Tahun VII, Nomor 1, April 2017. (https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/15492). (Diakses pada Senin, 9 Desember 2019, Pukul 22.44 WIB).
Suyitno, Y. 2009. Landasan Filosofis Pendidikan. http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PEDAGOGIK/195009081981011- Y._SUYITNO/LANDASAN_FILOSOFIS_PENDIDIKAN_DASAR.pdf (Diakses pada Kamis, 19 Desember 2019, Pukul 13.31 WIB).
Wahyu Setyawan, Wawan dan Ali Mustadi. 2015. Pengembangan SSP Tematik-Integratif untuk Membangun Karakter Disiplin dan Kreatif Siswa Kelas I SD. Jurnal Prima Edukasia. Volume 3-Nomor 1, 2015. (https://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/article/view/4072). (Diakses pada Senin, 9 Desember 2019, Pukul 22.17 WIB).
Wangid, Muhammad Nur, dkk. 2014. Kesiapan Guru SD dalam Pelaksanaan Pembelajaran Tematik- Integratif pada Kurikulum 2013 di DIY. Jurnal Prima Edukasia. Volume 2-Nomor 2, 2014. (https://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/article/view/2717) (Diakses pada Senin, 9 Desember 2019, Pukul 22.48 WIB).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar).
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License