IMPLEMENTASI LANDASAN PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR DI SD NEGERI BACIRO DAN SDIT UKHUWAH ISLAMIYAH
DOI:
https://doi.org/10.26555/jpsd.v7i1.a15006Keywords:
Educational Foundation, Teachers, Students, Elementary SchoolsAbstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui keterlaksanaan landasan pendidikan yang ada di Sekolah Dasar dan keadaan sekolah yang menjadi objek observasi. Landasan pendidikan Sekolah Dasar merupakan suatu acuan bagi guru dalam membelajarkan anak di tingkat Sekolah Dasar. Penelitian ini menjelaskan keterlaksanaan landasan-landasan pendidikan yang diterapkan di kedua sekolah tersebut. Landasan pendidikan yang dimaksud di sini adalah landasan pendidikan yang menjadi acuan bagi guru agar dapat melaksanakan kegiatan pembelajaran yang efektif guna meningkatkan prestasi siswa. Pada penelitian ini, kami menggunakan metode non eksperiment/survey yang di antaranya dengan melakukan observasi dan wawancara. Metode ini dilakukan di Sekolah Dasar untuk mengumpulkan data yang maksimal terkait implementasi landasan pendidikan dan keadaan sekolah yang menjadi objek observasi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan deskriptif. Dengan pengumpulan data melalui wawancara kepala sekolah serta observasi lingkungan sekolah. Selanjutnya seluruh data diolah dengan tahapan analisis kualitatif dengan cara reduksi data dan penarikan kesimpulan.
References
Ali Muhson. 2004. Meningkatkan Profesionalisme Guru: Sebuah Harapan. Curricula. Volume 2, Nomor 1, Agustus 2004.
https://ejournal.kopertis10.or.id/index.php/curricula/article/download/1472/pdf. Diakses pada 13 Desember 2019.
Aprilia. 2017. Bab II Kajian Teori. http://repository.ump.ac.id/4209/3/IMELDA%20APRILIA%20-%20BAB%20II.pdf. Diakses pada 1 Desember 2019.
Editor KLA. 2017. Sekolah Ramah Anak. https://www.kla.id/sekolah-ramah-anak/. Diakses pada 1 Desember 2019.
Garnida, Dadang. 2015. Pengantar Pendidikan Inklusif. Bandung: PT Reflika Aditama.
Kusgiant, MHD. 2016. Bab II Kajian Teoretis.http://repository.unpas.ac.id/13318/4/BAB%20II%20acc.pdf. Diakses pada 22 November 2019.
Muryaningsih, Sri & Ali Mustadi. 2015. Pengembangan RPP Tematik-Integratif Untuk Meningkatkan Karakter Kerja Keras di Sekolah Dasar. Researchgate. Volume 3 Nomor 2, Juli 2015, (190 - 201).
https://www.researchgate.net/profile/Ali_Mustadi/publication/307776591_ . Diakses pada 5 Desember 2019.
Mustadi, Ali, dkk. 2018. Landasan Pendidikan Sekolah Dasar. Yogyakarta: UNY Press.
Nilantim, Anugraheni. 2019. Implementasi Landasan Pendidikan Sekolah Dasar di SD Negeri Tegalpanggung.
http://nilantimanugraheni.blogs.uny.ac.id/2019/01/04/implementasi-landasan-pendidikan-sekolah-dasar-di-sd-negeri-tegalpanggung/. Diakses pada 19 September 2019.
Thaufan, Abiyuna R. 2017. Bab II Landasan Teoritis. http://repository.upi.edu/33614/5/T_PKN_1502415_Chapter2.pdf. Diakses pada 1 Desember 2019.
Mukaromah, U. 2016. Bab II Konsep Guru. http://eprints.walisongo.ac.id/6102/3/BAB%20II.pdf. Diakses pada 16 Desember 2019.
Wahyudin, Dinn, dkk. 2009. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Universitas Terbuka.
Setyawan, Wawan Wahyu & Ali Mustadi. 2015. Pengembangan SSP Tematik-Integratif Untuk Membangun Karakter Disiplin dan Kreatif Siswa Kelas I SD. JPE. Volume 3 - Nomor 1, 2015.
https://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/article/view/4072. Diakses pada 5 Desember 2019.
Yanuarita, Widi Astuti & Ali Mustadi. 2014. Pengaruh Penggunaan Media Film Animasi Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V SD. JPE. Volume 2 - Nomor 2, 2014.
https://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/article/view/2723. Diakses pada 5 Desember 2019.
_____. _____. Bab II Landasan Teori. https://eprints.uny.ac.id/9397/3/bab%202%20-10712251005.pdf. Diakses pada 22 November 2019.
_____. 2013. Berita Negara Republik Indonesia.
http://ditjenpp.kemenkumham.go.id/arsip/bn/2013/bn716-2013.pdf. Diakses pada 15 Desember 2019.
_____. 2017. Lembaran Negara Republik Indonesia. http://ditjenpp.kemenkumham.go.id/arsip/ln/2017/ps87-2017.pdf. Diakses pada 1 Desember 2019.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar).
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License