MANAJEMEN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI TEMPEL DAN MADRASAH IBTIDAIYAH SULTAN AGUNG (Studi Komparatif)

Authors

  • Umu Salamah UIN Suka

DOI:

https://doi.org/10.26555/jpsd.v1i1.a1491

Keywords:

Learning management, Elementary School, conventional, Indonesian language

Abstract

The results of the study found 1) learning management Indonesian language implemented in Elementary School of Tempel and Sultan Agung there are the teachers prepare learning such as syllabi, semester program, materials and learning tools, and the lesson plan, for implementation beginning teacher learning activities, core and closing, while for the final activity the teacher gives homework assignments and summarize the material. 2) learning management models in the Elementary School Indonesian Foreign Paste conventional while still learning management Indonesian Elementary School in Sultan Agung is conventional but has developed learning by applying thematic learning, active learning, creative, effective and fun, as well as cooperative learning though not maximum

****

Hasil penelitian ditemukan 1) manajemen pembelajaran bahasa Indonesia yang dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Tempel dan Sultan Agung antara lain guru menyiapkan pembelajaran seperti silabus, program semester, bahan dan alat pembelajaran, dan rencana pelaksanaan pembelajaran, untuk pelaksanaan pembelajaran guru melakukan kegiatan awal, inti dan penutup, sedangkan untuk kegiatan akhir guru memberikan tugas pekerjaan rumah dan merangkum materi. 2) model manajemen pembelajaran bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Tempel masih konvensional sedangkan manajemen pembelajaran bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah Sultan Agung konvensional akan tetapi telah mengembangkan pembelajarannya dengan menerapkan pembelajaran tematik, pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan, serta pembelajaran kooperatif meskipun belum maksimal.

References

Anonim, Makalah, Unit 3 Desain Pembelajaran PAKEM, 22 Juni 2006

Anonim, Standar Isi Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta, Direktorat Jendral

Pendidikan Islam Depag RI. 1996

Anonim. UU RI No.9 Tahun 2009 Tentang Badan Hukum Pendidikan dan UU. RI No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Asa Mandiri, 2009

Arikunto, Suharsimi. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 1996

________________Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Bumi Aksara, 1998

Arsale, Saidee Marzuki. Manajemen Pembelajaran Agama Islam di SMU Islam Surakarta. Tesis Universitas Negeri Yogyakarta, Tidak diterbitkan.

Asnawir, Basyiruddin Usman. Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pres, 2002

Babage, R., R. Byers dan H.Redding. Approach to Teaching and Learning. London: Paul Chapman Publishing ltd, 1994

Burhanudin. Analisis Administrasi Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara, 1994

Bush, T., M. Coleman. Leadership and Strategi Manajemen in Education. London: Paul Chapman Publishing Ltd, 2004

Departemen Pendidikan Nasional, Pedoman Untuk Pengembangan Silabus Silabus Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kemendiknas, 2004

Djiwandono, Sri Esti Wuryani. Upaya Peningkatan Bahasa Indonesia di SMPN 2 Pundong Bantul. Tesis Universitas Negeri Yogyakarta, 2007 Tidak diterbitkan

Durori, Muhammad. Konsep Penerapan Model Belajar Mandiri Dalam

Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan (PAKEM).

Banyumas: Mitramas, 2007

Eyes H, & F.Grey. Classroom Manajemen. London: David Fulton Publisher, 1988

Fatah, Nanang. Landasan Manajemen. Bandung: PT.Remaja Rosda Karya, 1996

Hadi, Sutrisno. Metodologi Riset I. Yogakarta: Fakutas Psikologi UGM, 1998

Hanafi, Mahmudah M. Manajemen. Yogyakarta: UPP AMP YKPN, 1998

Hernowo. Menjadi Guru yang Mampu Mau dan Mampu Mengajar Secara Menyenangkan. Bandung: Mizan, 2006

Indrawijaya, Adam Ibrahim. Perilaku Organisasi. Bandung: CV.Sinar Baru, 1983

Lie, Anita. Cooperative Learning, Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: Grasindo, 2008

Khaeruddin, dan Mahfud Junaedi. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: Konsep dan Implementasi di Madrasah. Yogyakarta: Pilar Media, 2007

Majid, Abdul. Perencanaan Pembelajaran, Mengembangkan Standar

Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006

Miles, Michael Bray Huberman, Qualitative Data Analysis. London: New Delhi Sage Publicaton Internal and Profesional Pulisher, 1995

Mulyasa, Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta: 2003

_______, Manajemen Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2005

Omar, H.Malik. Perencanaan dan Manajemen Pendidikan. Bandung: Maju Mundur, 1991

Pemanasari. Peran Penilaian Daya Tarik Fisik Status Sosial Ekonomi Orang Tuan dan Prestasi Belajar Terhadap Penolakan Diri Remaja.

Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM, 1995

Pudjiadi, Anna. Sains Teknologi Masyarakat, Model Pembelajaran Kontekstual Bermuatan Nilai. Bandung: Rosdakarya: 2005

Pusat Kurikulum, Model Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan

Pendidikan. Jakarta:Balitbang Depdiknas, 2006

Rahim, Husni. Arah Baru Pendidikan di Indonedia. Jakarta: Logos, 2001

Safaria, Triantoro. Creative Quotion, Panduan Mencetak Anak Super Kreatif. Yogyakarta: Platinum, 2005

Sagala, Saiful. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alvabeta, 2000

Santoso, Puji. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar, Jakarta: UT, 2007

Sayekti, Ida. Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab Ma'had Ali UMY. Tesis UIN Sunan Kalijaga, 2007 Tidak diterbitkan Subroto, B.Suryo. Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Rinekacipta, 2004

Sudjana, Nana. Penilaian Proses Hasil Belajar Mengajar. Bandung:

Rosdakarya, 1996

Sumardi, Imam. Dasar-Dasar Administrasi Pendidikan. Jakarta: Depdikbud, 1998

Surakhmad, Winarno. Strategi Pembelajaran. Makalah. Disampaikan Pada Diklat Matematika di SD dan SLTP Pada 25 Agustus 2003.

Yogyakarta: PPG Matematika

Swastiwi, Sri Hesti, Upaya Peningkatan Bahasa Indonesia di SMPN 2 Pundong Bantul. Tesis UNY, 2007 Tidak diterbitkan Tim Penyusun Kamus, Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: Balai Pustaka, 1994

Udayana, Yusuf. Kepemimpinan Dalam Organisasi. Jakarta: Prenhallindo, 1994

Usman, Moh.Uzer. Menjadi Guru Profesional, Bandung: Remaja Rosdakarya, 1995

http//www.kr.co.id

Downloads

Published

2015-01-31

Issue

Section

Articles