MANAJEMEN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI TEMPEL DAN MADRASAH IBTIDAIYAH SULTAN AGUNG (Studi Komparatif)
DOI:
https://doi.org/10.26555/jpsd.v1i1.a1491Keywords:
Learning management, Elementary School, conventional, Indonesian languageAbstract
The results of the study found 1) learning management Indonesian language implemented in Elementary School of Tempel and Sultan Agung there are the teachers prepare learning such as syllabi, semester program, materials and learning tools, and the lesson plan, for implementation beginning teacher learning activities, core and closing, while for the final activity the teacher gives homework assignments and summarize the material. 2) learning management models in the Elementary School Indonesian Foreign Paste conventional while still learning management Indonesian Elementary School in Sultan Agung is conventional but has developed learning by applying thematic learning, active learning, creative, effective and fun, as well as cooperative learning though not maximum
****
Hasil penelitian ditemukan 1) manajemen pembelajaran bahasa Indonesia yang dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Tempel dan Sultan Agung antara lain guru menyiapkan pembelajaran seperti silabus, program semester, bahan dan alat pembelajaran, dan rencana pelaksanaan pembelajaran, untuk pelaksanaan pembelajaran guru melakukan kegiatan awal, inti dan penutup, sedangkan untuk kegiatan akhir guru memberikan tugas pekerjaan rumah dan merangkum materi. 2) model manajemen pembelajaran bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Tempel masih konvensional sedangkan manajemen pembelajaran bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah Sultan Agung konvensional akan tetapi telah mengembangkan pembelajarannya dengan menerapkan pembelajaran tematik, pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan, serta pembelajaran kooperatif meskipun belum maksimal.
References
Anonim, Makalah, Unit 3 Desain Pembelajaran PAKEM, 22 Juni 2006
Anonim, Standar Isi Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta, Direktorat Jendral
Pendidikan Islam Depag RI. 1996
Anonim. UU RI No.9 Tahun 2009 Tentang Badan Hukum Pendidikan dan UU. RI No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Asa Mandiri, 2009
Arikunto, Suharsimi. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 1996
________________Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Bumi Aksara, 1998
Arsale, Saidee Marzuki. Manajemen Pembelajaran Agama Islam di SMU Islam Surakarta. Tesis Universitas Negeri Yogyakarta, Tidak diterbitkan.
Asnawir, Basyiruddin Usman. Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pres, 2002
Babage, R., R. Byers dan H.Redding. Approach to Teaching and Learning. London: Paul Chapman Publishing ltd, 1994
Burhanudin. Analisis Administrasi Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara, 1994
Bush, T., M. Coleman. Leadership and Strategi Manajemen in Education. London: Paul Chapman Publishing Ltd, 2004
Departemen Pendidikan Nasional, Pedoman Untuk Pengembangan Silabus Silabus Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kemendiknas, 2004
Djiwandono, Sri Esti Wuryani. Upaya Peningkatan Bahasa Indonesia di SMPN 2 Pundong Bantul. Tesis Universitas Negeri Yogyakarta, 2007 Tidak diterbitkan
Durori, Muhammad. Konsep Penerapan Model Belajar Mandiri Dalam
Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan (PAKEM).
Banyumas: Mitramas, 2007
Eyes H, & F.Grey. Classroom Manajemen. London: David Fulton Publisher, 1988
Fatah, Nanang. Landasan Manajemen. Bandung: PT.Remaja Rosda Karya, 1996
Hadi, Sutrisno. Metodologi Riset I. Yogakarta: Fakutas Psikologi UGM, 1998
Hanafi, Mahmudah M. Manajemen. Yogyakarta: UPP AMP YKPN, 1998
Hernowo. Menjadi Guru yang Mampu Mau dan Mampu Mengajar Secara Menyenangkan. Bandung: Mizan, 2006
Indrawijaya, Adam Ibrahim. Perilaku Organisasi. Bandung: CV.Sinar Baru, 1983
Lie, Anita. Cooperative Learning, Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: Grasindo, 2008
Khaeruddin, dan Mahfud Junaedi. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: Konsep dan Implementasi di Madrasah. Yogyakarta: Pilar Media, 2007
Majid, Abdul. Perencanaan Pembelajaran, Mengembangkan Standar
Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006
Miles, Michael Bray Huberman, Qualitative Data Analysis. London: New Delhi Sage Publicaton Internal and Profesional Pulisher, 1995
Mulyasa, Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta: 2003
_______, Manajemen Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2005
Omar, H.Malik. Perencanaan dan Manajemen Pendidikan. Bandung: Maju Mundur, 1991
Pemanasari. Peran Penilaian Daya Tarik Fisik Status Sosial Ekonomi Orang Tuan dan Prestasi Belajar Terhadap Penolakan Diri Remaja.
Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM, 1995
Pudjiadi, Anna. Sains Teknologi Masyarakat, Model Pembelajaran Kontekstual Bermuatan Nilai. Bandung: Rosdakarya: 2005
Pusat Kurikulum, Model Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan
Pendidikan. Jakarta:Balitbang Depdiknas, 2006
Rahim, Husni. Arah Baru Pendidikan di Indonedia. Jakarta: Logos, 2001
Safaria, Triantoro. Creative Quotion, Panduan Mencetak Anak Super Kreatif. Yogyakarta: Platinum, 2005
Sagala, Saiful. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alvabeta, 2000
Santoso, Puji. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar, Jakarta: UT, 2007
Sayekti, Ida. Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab Ma'had Ali UMY. Tesis UIN Sunan Kalijaga, 2007 Tidak diterbitkan Subroto, B.Suryo. Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Rinekacipta, 2004
Sudjana, Nana. Penilaian Proses Hasil Belajar Mengajar. Bandung:
Rosdakarya, 1996
Sumardi, Imam. Dasar-Dasar Administrasi Pendidikan. Jakarta: Depdikbud, 1998
Surakhmad, Winarno. Strategi Pembelajaran. Makalah. Disampaikan Pada Diklat Matematika di SD dan SLTP Pada 25 Agustus 2003.
Yogyakarta: PPG Matematika
Swastiwi, Sri Hesti, Upaya Peningkatan Bahasa Indonesia di SMPN 2 Pundong Bantul. Tesis UNY, 2007 Tidak diterbitkan Tim Penyusun Kamus, Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: Balai Pustaka, 1994
Udayana, Yusuf. Kepemimpinan Dalam Organisasi. Jakarta: Prenhallindo, 1994
Usman, Moh.Uzer. Menjadi Guru Profesional, Bandung: Remaja Rosdakarya, 1995
http//www.kr.co.id
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar).
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License