PENINGKATAN KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI DI KELAS V MIM PANDANSARI
DOI:
https://doi.org/10.26555/jpsd.v6i1.a14275Keywords:
Critical thinking, Inquiry, SainsAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berfikir kritis siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) melalui model pembelajaran inquiri. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam II siklus, satu siklus terdiri dari dua kali pertemuan, satu pertemuan terdiri dari 2x35 menit. Subyek penelitian adalah siswa kelas V MIM Pandansari sebanyak 22 dari 13 laki-laki dan 9 perempuan. Prosedur pelaksanaan setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa sikap berfikir kritis siswa pada siklus I diperoleh rata-rata 73,97 dengan kriteria baik dan meningkat pada siklus II diperoleh rata-rata 79,42 dengan kriteria baik. Hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran inquiri dapat meningkatkan sikap berfikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V MIM Pandansari Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas.References
Desmita. (2009). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.
Kuswana, WS. (2013). Taksonomi Berfikir. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rohani, A. (1997). Media Intruksional Edukatif. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: PT fajar inter Pratama Mandiri.
Syah, M. (2008). Pesikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Tilaar, dkk. (2011). Pedagogig Krisis Perkembangan, Substansi, Dan Perkembangannya Di Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.
Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar).
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License