PENINGKATAN KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI DI KELAS V MIM PANDANSARI

Authors

  • Tri Yuliansyah Bintaro Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.26555/jpsd.v6i1.a14275

Keywords:

Critical thinking, Inquiry, Sains

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berfikir kritis siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) melalui model pembelajaran inquiri. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam II siklus, satu siklus terdiri dari dua kali pertemuan, satu pertemuan terdiri dari 2x35 menit. Subyek penelitian adalah siswa kelas V MIM Pandansari sebanyak 22 dari 13 laki-laki dan 9 perempuan. Prosedur pelaksanaan setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa sikap berfikir kritis siswa pada siklus I diperoleh rata-rata 73,97 dengan kriteria baik dan meningkat pada siklus II diperoleh rata-rata 79,42 dengan kriteria baik. Hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran inquiri dapat meningkatkan sikap berfikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V MIM Pandansari Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas.

References

Desmita. (2009). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.

Kuswana, WS. (2013). Taksonomi Berfikir. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rohani, A. (1997). Media Intruksional Edukatif. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: PT fajar inter Pratama Mandiri.

Syah, M. (2008). Pesikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Tilaar, dkk. (2011). Pedagogig Krisis Perkembangan, Substansi, Dan Perkembangannya Di Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Downloads

Published

2019-02-25

Issue

Section

Articles