RELEVANSI MATERI POKOK MATEMATIKA PADA TEMA 1 KELAS I SD DENGAN HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILLS)
DOI:
https://doi.org/10.26555/jpsd.v6i1.a14145Keywords:
Materi Pokok Matematika, Tema 1 Kelas I, HOTSAbstract
Pembelajaran di SD saat ini diarahkan untuk mengembangkan kemampuan berpikir tinggi atau yang dikenal dengan Higher Order Thinking Skills (HOTS) bukan lagi Lower Order Thinking Skills (LOTS). Begitu pula pada pembelajaran matematika, termasuk pada materi pokok atau kompetensi dasarnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui relevansi materi pokok matematika MI pada tema 1 kelas I SD dengan HOTS. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan studi pustaka (library research). Data primer yang digunakan adalah buku guru dan buku siswa tema 1 kelas I SD, sedangkan data sekundernya adalah teori-teori maupun gagasan dari buku dan jurnal ilmiah yang relevan. Analisis data dilakukan dengan analisis isi (content analysis). Hasil dalam penelitian ini adalah materi pokok matematika pada tema 1 kelas I SD belum relevan dengan HOTS. Sebagian besar indikator matematika pada tema I kelas I SD masih termasuk dalam LOTS (C1, C2, dan C3). Agar dapat relevan dengan HOTS, guru sebaiknya melakukan pengembangan materi yang dapat dimulai dengan menyusun kembali indikator matematika, pembelajaran, dan penilaian yang disesuaikan dengan aspek-aspek HOTS.References
Ariyana, Y., Pudjiastuti, A., Bestary, R., & Zamroni. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Beroriantasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Astutik, P. P. (2013). Integrasi Penguatan Pendidikan Karakter ( PPK ) dan Higer Order Thinking Skills (HOTS ) dalam Pembelajaran Tematik SD. 343–354. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.
Hamzah, M. A., & Muhlisrarini. (2014). Perencanaan dan Pembelajaran Matematika. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Hendrifiana, Y., Ariguntar, P., & Assagaf, L. (2017a). Diriku: Buku Guru. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Hendrifiana, Y., Ariguntar, P., & Assagaf, L. (2017b). Diriku: Buku Siswa. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Hidayati, A. U. (2017). Melatih Keterampilan Berpikir Tinggat Tinggi dalam Pembelajaran Matematika pada Siswa Sekolah Dasar. Terampil (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar), 4, 143–156.
Ibrahim, & Suparni. (2008). Strategi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Bidang Akademik UIN Sunan Kalijaga.
Jamaris, M. (2014). Kesulitan Belajar: Perspektif, Asesmen, dan Penanggulangannya. Bogor: Ghalia Indonesia.
Suhada, I. (2017). Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Usmaedi. (2017). Menggagas Pembelajaran HOTS pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Pendididkan Sekolah Dasar, 3(1).
Yuniar, M., Rakhmat, C., & Saepulrohman, A. (2015). Analisis High Order Thinking Skills (HOTS) pada Soal Objektif Tes dalam Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas V SD Negeri 7 Ciamis. 187–195.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar).
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License