RELEVANSI MATERI POKOK MATEMATIKA PADA TEMA 1 KELAS I SD DENGAN HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILLS)

Authors

  • Noven Kusainun Magister PGMI FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.26555/jpsd.v6i1.a14145

Keywords:

Materi Pokok Matematika, Tema 1 Kelas I, HOTS

Abstract

Pembelajaran di SD saat ini diarahkan untuk mengembangkan kemampuan berpikir tinggi atau yang dikenal dengan Higher Order Thinking Skills (HOTS) bukan lagi Lower Order Thinking Skills (LOTS). Begitu pula pada pembelajaran matematika, termasuk pada materi pokok atau kompetensi dasarnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui relevansi materi pokok matematika MI pada tema 1 kelas I SD dengan HOTS. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan studi pustaka (library research). Data primer yang digunakan adalah buku guru dan buku siswa tema 1 kelas I SD, sedangkan data sekundernya adalah teori-teori maupun gagasan dari buku dan jurnal ilmiah yang relevan. Analisis data dilakukan dengan analisis isi (content analysis). Hasil dalam penelitian ini adalah materi pokok matematika pada tema 1 kelas I SD belum relevan dengan HOTS. Sebagian besar indikator matematika pada tema I kelas I SD masih termasuk dalam LOTS (C1, C2, dan C3). Agar dapat relevan dengan HOTS, guru sebaiknya melakukan pengembangan materi yang dapat dimulai dengan menyusun kembali indikator matematika, pembelajaran, dan penilaian yang disesuaikan dengan aspek-aspek HOTS.

References

Ariyana, Y., Pudjiastuti, A., Bestary, R., & Zamroni. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Beroriantasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Astutik, P. P. (2013). Integrasi Penguatan Pendidikan Karakter ( PPK ) dan Higer Order Thinking Skills (HOTS ) dalam Pembelajaran Tematik SD. 343–354. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Hamzah, M. A., & Muhlisrarini. (2014). Perencanaan dan Pembelajaran Matematika. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Hendrifiana, Y., Ariguntar, P., & Assagaf, L. (2017a). Diriku: Buku Guru. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Hendrifiana, Y., Ariguntar, P., & Assagaf, L. (2017b). Diriku: Buku Siswa. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Hidayati, A. U. (2017). Melatih Keterampilan Berpikir Tinggat Tinggi dalam Pembelajaran Matematika pada Siswa Sekolah Dasar. Terampil (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar), 4, 143–156.

Ibrahim, & Suparni. (2008). Strategi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Bidang Akademik UIN Sunan Kalijaga.

Jamaris, M. (2014). Kesulitan Belajar: Perspektif, Asesmen, dan Penanggulangannya. Bogor: Ghalia Indonesia.

Suhada, I. (2017). Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Usmaedi. (2017). Menggagas Pembelajaran HOTS pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Pendididkan Sekolah Dasar, 3(1).

Yuniar, M., Rakhmat, C., & Saepulrohman, A. (2015). Analisis High Order Thinking Skills (HOTS) pada Soal Objektif Tes dalam Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas V SD Negeri 7 Ciamis. 187–195.

Downloads

Published

2019-02-25

Issue

Section

Articles