HABITUASI KARAKTER UNGGUL SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI OPTIMALISASI PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DI KABUPATEN SINTANG

Authors

DOI:

https://doi.org/10.26555/jpsd.v7i1.a14017

Keywords:

karakter unggul, optimalisasi kepemimpinan, intervensi pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan gambaran mengenai peran kepala sekolah dalam penanaman nilai-nilai karakter unggul di sekolah dasar Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat. Disain penelitian menggunakan penelitian studi kasus di sekolah model Sekolah Dasar Negeri 07 Sintang, dan sekolah islam Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sintang. Penelitian ini mengkaji fakta dan fenomena peran kepala sekolah dalam implementasi nilai-nilai karakter unggul di sekolah. Pemilihan subyek penelitian dengan metode sampling area dengan perimbangan karakteristik khusus sekolah berlatar sekolah model dan sekolah islam. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi terhadap kepala sekolah dan guru serta studi dokumen yang relevan dengan implementasi pendidikan karakter. Subyek penelitian berjumlah 61 orang yang terdiri dari 2 kepala sekolah dan 59 guru. Validitas data dilakukan melaui proses triangulasi. Hasil penelitian menujukan bahwa proses habituasi karakter unggul di sekolah model didukung oleh peran kepala sekolah sebagai manager, sedangkan habituasi karakter unggul di sekolah Madrasah Iptidayah Negeri diperkuat melalui peran kepala sekolah sebagai motivator. Agar proses habituasi karakter unggul dapat terwujud maka kepala sekolah harus melakukan kombinasi peran kepemimpinannya serta membudayakan sekolah sebagai komunitas peduli, mengembangkan diskusi-diskusi kelas, menciptakan kelas yang demokratis dan meningkatkan kegiatan literasi sastra, sains dan sejarah.

Author Biography

Lusila Parida, STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Prodi PGSD STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

References

Arief Ikhsanudin. (2019, May 27). KPPAD Kalbar: Kasus Audrey berlanjut ke pengadilan. DetikNews. Retrieved from https://news.detik.com/berita/d-4566180/kppad-kalbar-kasus-audrey-berlanjut-ke-pengadilan

Arif Maulana, Pratiwi Febri, . Yunita et. all. (2018). Demokrasi di persimpangan: catatan akhir tahun LBH Jakarta 2018. Jakarta. Retrieved from https://www.bantuanhukum.or.id/web/wp-content/uploads/2018/12/catahu-lbh-jakarta-2018.pdf.

Ary, D., Jacobs, L.C., & Sorensen, C. (2010). Introduction to research in education (eighth). Belmont: wadsworth Cengage Learning.

Asgart, S. . (2011). Keadilan restoratif bagi anak berhadapan dengan hukum (ABH) (Kasus Jakarta, Surabaya, Denpasar, dan Medan). Jakarta. Retrieved from https://www.academia.edu/4453465/YLBHI_Keadilan_Restoratif_bagi_Anak_yang_Bermasalah_dengan_Hukum_ABH_Laporan_Penelitian_2011_?auto=download.

Bamkin, S. (2015). Moral education at japanese elementary school. Tokio: Churchill Felow. Retrieved from https://www.wcmt.org.uk/sites/default/files/report-documents/Bamkin S Report 2015 Final_0.pdf.

BHP UMY. (2018, September 29). Krisis moral dan etika bangsa indonesia masih sulit dikendalikan. Universitas Muhamadiyah Yogyakarta. Retrieved from http://www.umy.ac.id/krisis-moral-dan-etika-bangsa-indonesia-masih-sulit-dikendalikan.html.

David H. Elkind and Freddy Sweet. (2019). How to do character education. Los Angeles. Retrieved from https://www.goodcharacter.com/how-to-articles/how-to-do-character-education/.

Eaude, T. (2008). Childrens piritual, moral, social and cultural development: Primary and early years (Second edi). Newcastle: Learning Matters. Retrieved from http://webarchive.nationalarchives.gov.uk/20130123124929/http://www.education.gov.uk/schools/teachingandlearning/curriculum/a00199700/spiritual-and-moral.

Fahreza Risky. (2018, May 25). Bocah sd hamili pacarnya, tamparan keras bagi dunia pendidikan. Oke News, pp. 12. Retrieved from https://news.okezone.com/read/2018/05/25/519/1902482/bocah-sd-hamili-pacarnya-tamparan-keras-bagi-dunia-pendidikan?page=2.

Iman Gunawan. (2015). Metode penelitian kualitatif. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Jansen, H. (2010). The logic of qualitative survey research and its position in the field of social research methods. Forum Qualitative Sozialforschung/ Forum: Qualitative Social Research, 11(2). https://doi.org/10.17169/FQS-11.2.1450.

Marvin Berkowitz. (1995). As quoted in the character education informational: Handbook & guide. North Carolina: Public Intruction. Retrieved from http://www.ncpublicschools.org/charactereducation/handbook/pdf/content.pdf).

Miles, Matthew & Huberman, M. (1994). Qualitative data analysis. Thousand Oaks, CA.: Sage Publications.

Murdaningsih, D. (2016, October 13). Komisi x prihatin 31 juta siswa sd pustus sekolah. Republika. Retrieved from https://republika.co.id/berita/dpr-ri/berita-dpr-ri/oezapi368/komisi-x-prihatin-31-juta-siswa-sd-putus-sekolah.

Suyanto. (2014). Pembelajaran karakter di sekolah. Yogyakarta. Retrieved from http://eprints.uny.ac.id/20641/1/PPT-PEMBELAJARAN KARAKTER LPPM UNY.pptx.

Thomas Lickona. (1993, November 1). The return of character education. Educational Leadership. Retrieved from http://www.ascd.org/publications/educational-leadership/nov93/vol51/num03/The-Return-of-Character-Education.aspx.

Tim Kementrian Keuangan Indonesia. (2019, April 16). Indeks pembangunan manusia indonesia tahun 2018 meningkat. Kementrian Keuangan Republik Indonesia. Retrieved from https://www.kemenkeu.go.id/publikasi/berita/indeks-pembangunan-manusia-indonesia-tahun-2018-meningkat/.

Wahidin. (2018, March 18). Jumlah anak-anak terlibat kejahatan meningkat di sintang. Tribun Kalbar. Retrieved from http://pontianak.tribunnews.com/2018/03/19/jumlahanak-anak-terlibat-kejahatan-meningkat-disintang.

Zbar, V., Marshall, G., & Power, P. (2007). Better Schools, Better Teachers, Better Results: A Handbook for Improved Performance Management in Your School.

Downloads

Published

2020-02-28

Issue

Section

Articles